Nyata dan Bermakna

Memahami Hastag #INAelectionObserverSOS

Memahami Hastag #INAelectionObserverSOS || Akun medsos saya tiba-tiba marak  hastag atau tanda pagar (tagar) #INAelectionObserverSOS dari postingan teman-teman. Ketidaktahuan akan makna hastag tersebut membuat saya penasaran dan lalu mencari referensi terkait hastag #INAelectionObserverSOS karena agak sedikit gengsi kalau bertanya langsung ke teman. Berikut hasil penelusuran dari beberapa referensi.

Hashtag #INAelectionObserverSOS memiliki arti jika pemilu Indonesia saat ini berada dalam kondisi darurat atas lembaga penyelenggara pemilu yang independen. Hal tersebut diakibatkan adanya dugaan kuat bahwa penyelenggara dan pengawas pemilu disinyalir ditunggangi oleh oknum pemerintah sehingga kurangnya kepercayaan masyarakat kepad lembaga  pemerintah. Masyarakat Indonesia sudah tidak percaya dengan penyelenggara pemilu (KPU) dan Bawaslu serta aparat negara terutama POLRI yang dinilai sudah tidak netral. Atas dasar itu, rakyat Indonesia meminta pengawas/pemantau PEMILU Internasiona dengan tujuan agar pemilu di Indonesia berjalan dengan Aman, Jujur dan Adil.

Pengertian masing-masing kata yang digabung dalam tagar atau hastag #INAelectionObserverSOS adalah sebagai berikut:
  • INA: adalah kode singkatan untuk Indonesia yang digunakan oleh IOC (International Olympic Committee) atau Komite Olimpiade Internasional.
  • election: jika diartiken mengandung makna pemilihan atau pemilu (pemilihan umum).
  • Observer: mengandung arti pengamat atau pemerhati, pengamat/pemerhati disini mungkin ditujukan kepada aparat penegak hukum dalam hal ini adalah aparat kepolisian.
  • SOS: sedangkan kata SOS adalah sebuah kode morse internasional yang berarti tanda bahaya.

Dalam bahasa lain dapat disimpulkan bahwa tagar atau hastag #INAelectionObserverSOS adalah suatu bentuk tindakan ketidakpuasan dan bahkan ketidakpercayaan terhadap netralitas pihak penyelenggara maupun pengawas Pemilu di Indonesia.

Harapannya, berbagai pihak yang berkompeten dan peduli dari seluruh penjuru dunia ikut terlibat menjadi pemantau penyelenggaraan Pemilu di indonesia dan dapat memastikan semuanya dapat berjalan sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Demikian sajian informasi mengenai Hastag #INAelectionObserverSOS yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga Bermantaat !!! ...
Labels: Pemilu

Thanks for reading Memahami Hastag #INAelectionObserverSOS. Please share...!

0 Komentar untuk "Memahami Hastag #INAelectionObserverSOS"

Your comment for me, please!

Back To Top