Memahami AKSI Sebagai Sistem Penilaian Pendidikan - 1

Memahami AKSI Sebagai Sistem Penilaian Pendidikan - 1 || Pada tahun 2017, Direktorat Pembinaan SMP dan Pusat Penilaian Pendidikan bekerjasama melakukan survei nasional yang disebut Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI). Mengambil sampel di dua provinsi yaitu DKI dan DIY dengan target sasaran siswa kelas 8 SMP. Hasilnya senada dengan hasil studi internasional. 3 dari 5 siswa masih pada level kemampuan melakukan pengetahuan rutin. Perlu perbaikan yang bersifat komprehensif dan berkelanjutan, salah satunya adalah dengan melakukan penilaian formatif yang berkualitas, mampu mendiagnosa kelemahan siswa, sekaligus memberikan umpan balik perbaikan pada pembelajaran.

Kenyataan di lapangan menunjukkan masih ada pekerjaan rumah dalam meningkatkan capaian mutu pendidikan. Rendahnya mutu pendidikan ini dapat terlihat dari berbagai indikator mikro, seperti : hasil studi Trends in International Mathematic and Science Study (TIMSS) juga Programme for International Student Assessment (PISA).

Berikut ini disajikan ulasan mengenai Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia yang kemudian disebut AKSI for School atau AKSI untuk Sekolah.

Pengertian AKSI for School

AKSI for School adalah salah satu upaya untuk melakukan perbaikan dan meningkatkan kompetensi siswa. Didesain  sebagai penilaian formatif yang ringkas, mencakup topik-topik yang esensial dan fundamental, disajikan dalam bentuk aplikasi komputer, berupa modul, sehingga memudahkan replikasi (penggandaan) dan dokumentais data, AKSI for School diharapkan menjadi salah satu pengayaan sumber belajar bagi siswa dan guru.

AKSI for School terdiri dari 3 modul besar, yiatu Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia. Setiap modul terdiri dari paket tes yang mencakup satu topik spesifik dengan jumlah maksimal 20 butir sehingga cukup untuk dilaksanakan pada satu jam tatap muka pembelajaran. Format soal mengombinasikan format soal obyketif dan soal construct responsive. Modul aplikasi tidka hanya terdiri dari modul melakukan tes, namun juga modul penilaian untuk menentukan kebenaran jawaban siswa, serta modul hasil analisis. Agar siswa merasakan manfaat dari setiap modul untuk kehidupan mereka, pengaantar satu halaman yang mengupas urgensi topik tersebut pada kehidupan serta relevansi dengaan kompetensi dasar yang termuat dalam kurikulum disajikan.

Sebagai pendorong hasil AKSI for School menjadi umpan balik pembelajaran, maka modul resep mengupas setiap soal dan mendiagnosa kelemahan yang terjadi pada siswa yang salah mengerjakan soal. Diharapkan modul lengkap AKSI for School dapat menjadi model asesmen formatif yang menginspirasi pembelajaran. Ataupun nantinya bapak/ibu guru dapat membuat soal yang serupa tipenya dengan soal yang ada pada aplikasi tersebut, walaupun bapak/ibu belum bisa menambahkan atau mengedit soal yang tersedia, namun paling tidak bisa menambah perbendaharaan model atau tipe soalnya.

Bahasan Selanjutnya;
Tujuan AKSI for School – [klik di sini]
AKSI Diwacanakan Pengganti UN - [klik di sini]

Demikian sajian informasi mengenai; Memahami AKSI Sebagai Sistem Penilaian Pendidikan – 1 yang dapat disajikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat !!!
Labels: Pendidikan

Thanks for reading Memahami AKSI Sebagai Sistem Penilaian Pendidikan - 1. Please share...!

0 Komentar untuk "Memahami AKSI Sebagai Sistem Penilaian Pendidikan - 1"

Your comment for me, please!

Back To Top