Mengenal Sirkuit Losail Qatar; Penggelar Balapan Malam Hari

Mengenal Sirkuit Losail Qatar; Penggelar Balapan Malam Hari  || Sirkuit Internasional Losail adalah salah satu sirkuit balapan MotoGP yang terletak persis di luar Kota Losail, sebelah utara Doha, Qatar. Sirkuit yang menggelar balapan MotoGP malam hari itu memiliki panjang lintasan 5,380 km. Sikruit ini sendiri dibangun hanya dalam kurun waktu satu tahun oleh 1.000 pekerja dengan biasanya USD58 juta. Layout sirkuit ini terbentang kira-kira seluas 5,4 km. Sirkuit Losail memiliki garis  lurus lebih dari satu kilometer yakni sepanjang 1,068 meter. Sementara itu dari jumlah tikungan, sirkuit ini memiliki 6 tikungan kiri dan 10 kanan. Uniknya lintasan ini dikelilingi oleh rumput buatan untuk menghentikan masuknya pasir ke dalam lintasan.

Sirkuit Losail mulai dibuka untuk balapan MotoGP pada 2004. Pada saat itu juga menjadi tahun perdana Qatar menyelenggarakan balapan MotoGP. Pada 2007, Losail mengajukan diri untuk menjadi balapan MotoGP pada malam hari secara permanan karena jika dilakukan siang hari memiliki risiko pembalap melakoni balapan dengan kondisi cuaca 50 derajat Celsius. Hingga akhirnya mereka menambahkan lampu yang merupakan proyek pencahayaan sport permanen terbesar di dunia. Akhirnya pada Maret 2008, Sirkuit Losail menjadi sejarah MotoGP dalam perlombaan balapan malam hari untuk yang pertama.

Selain digunakan sebagai sirkuit balapan MotoGP, Sirkuit Losail juga digunakan untuk perlombaan malam GP2 Asia Series pada 2009. Selain itu pada 2013, Sirukit Losail juga menjadi tuan rumah pembukaan Motcross World Championship. Sampai saat ini, Sirkui Losail juga digunakan sebagai tempat perlombaan Kejuaraan Dunia Superbike sejak 2005.

Di luar balapan, Sirkuit Losail tak jarang dibuka untuk umum, agar masyarakat Qatar bisa menikmati lintasan dengan bebas seperti berlari ataupun bersepeda. Selain itu sirkuit Losail bisa disewa dengan berbagai acara pribadi.

Demikian sajian informasi mengenai Mengenal Sirkuit Losail Qatar; Penggelar Balapan Malam Hari yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Silahkan dibaca juga tulisan terkait di bawah ini ...
Mengenal Sirkuit Losail Qatar; Penggelar Balapan Malam Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Toz Sugianto

Post a Comment

Your comment for me, please!