Faktor Penunjang Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Faktor Penunjang Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini || Secara alamiah, sebagai mahluk hidup, anak akan mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Namun terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan anak terdapat beberapa faktor yang turut mempengaruhi kuantitas dan kualitasnya. Ada dua faktor utama yang dapat menunjang perkembangan kognitif anak usia dini:

Faktor Hereditas atau Keturunan
Faktor ini turut menentukan perkembangan intelektual seorang anak. Dengan kata lain, seorang anak membawa kemungkinan memiliki kemampuan berpikir yang similar dengan orang tuanya, apakah itu normal, di atas normal, atau di bawah normal. Namun, potensi tersebut tidak akan berkembang bila tidak ada lingkungan yang dapat memberinya kesempatan untuk berkembang.

Faktor Lingkungan
Banyak studi maupun penelitian yang mendukung faktor lingkungan memengaruhi tingkat kognitif atau intelegensi seseorang. Faktor lingkungan yang paling berperan dalam menunjang perkembangan kognitif anakadalah keluarga dan sekolah.
  1. Keluarga; Hubungan sehat antara orang tua dan anak (penuh perhatian dan kasih sayang dari orang tua) memfasilitasi perkembangan kognitifanak. Sebaliknya, hubungan yang tidak sehat bisa membuat anak mengalami kesulitan atau kelambatan dalam perkembangan kognitifnya.
  2. Sekolah; Sekolah adalah lembaga formal yang diberi tanggung jawab untuk meningkatkan perkembangan anak, termasuk perkembangan berpikir anak. Karena itu, tenaga pengajar atau guru di sekolah memiliki peranan sangat penting dalam menunjang perkembangan kognitif si Kecil.
Selain kedua faktor tersebut, perkembangan kognitif anak juga turut dipengaruhi usia, jenis kelamin, ras, budaya, dan asupan nutrisi. Ya, asupan nutrisi yang tepat dan memadai dapat berperan penting dalam mendukung proses belajar si Kecil. Kombinasi nutrisi dan stimulasi tepat akan membentuk struktur otak anak. Tanpa dukungan nutrisi yang tepat, si kecil tidak akan dapat menyerap stimulasi secara optimal.

Demikian sajian informasi mengenai Faktor Penunjang Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini yang dapat disajikan pada kesempatan ini. Semoga sajian berikut bermanfaat ...
Faktor Penunjang Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Toz Sugianto

Post a Comment

Your comment for me, please!