-->

Dimensi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SMP/MTs

Dimensi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SMP/MTs || Setiap lulusan satuan pendidikan dasar dan menengah memiliki kompetensi pada tiga dimensi. Ketiga dimensi dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SMP/MTs tersebut yaitu Dimensi Sikap, Dimensi Pengetahuan, dan Dimensi Keterampilan. Lulusan SMP/MTs harus memiliki kompetensi pada dimensi sikap pengetahuan dan keterampilan sebagai berikut:

DIMENSI SIKAP
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap:
1. beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME,
2. berkarakter, jujur, dan peduli,
3. bertanggungjawab,
4. pembelajar sejati sepanjang hayat, dan
5. sehat jasmani dan rohani
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara dan kawasan regional.

DIMENSI PENGETAHUAN
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan:
1. ilmu pengetahuan,
2. teknologi,
3. seni, dan
4. budaya.
seerta mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara dan kawasan regional.

Pengetahuan Faktual; Pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

Pengetahuan Konseptual; Terminologi/ istilah dan klasifikasi, kategori, prinsip, generalisasi dan teori, yang digunakan terkait dengan pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

Pengetahuan Prosedural; Pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu atau kegiatan yang terkait dengan pengetahuan teknis, spesifik, algoritma, metode tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

Pengetahuan Metakognitif; Pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakanny a dalam mempelajari pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

DIMENSI KETERAMPILAN
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:
1. kreatif,
2. produktif,
3. kritis,
4. mandiri,
5. kolaboratif, dan
6. Komunikatif
melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri.

Download; File Lengkap Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah - [klik disini] dan Lampirannya - [klik di sini]

Demikian sajian informasi mengenai Dimensi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SMP/MTs yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat  !!!

Labels: Kurikulum, Pendidikan, Standar Pendidikan

Thanks for reading Dimensi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SMP/MTs. Please share...!

0 Komentar untuk "Dimensi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SMP/MTs"

Your comment for me, please!

Back To Top
close