Inilah Program Studi S-1/D-IV yang Linier dengan Program Studi PPG

Inilah Program Studi S-1/D-IV yang Linier dengan Program Studi PPG || Kebijakan baru dalam pendidikan calon guru di Indonesia saat ini telah bergeser. Dulu, untuk menjadi guru diperlukan menempuh pendidikan Sarjana (S-1) atau Diploma IV (D-IV) dengan Program Studi Kependidikan yang di dalamnya sudah termasuk Program Akta Mengajar atau menempuh Program Studi Non Kependidikan ditambah Prgram Studi Akta Mengajar. Tapi sekarang, untuk menjadi guru harus menempuh Program Studi pada Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan memperoleh Sertifikat Profesi Guru dan Nomor Register Guru (NRG).

Jurusan atau Program Studi Kependidikan yang kini masih berjalan di LPTK dinyatakan bukan satu-satunya kelompok yang berhak mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG). Kini setiap Sarjana dari Jurusan atau Program Studi Sarjana (S-1) atau Diploma IV (D-IV) apapun baik kependidikan maupun Non Kependidikan memiliki hak yang sama untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) asal Jurusan atau Program Studi Sarjana (S-1) atau Diploma IV (D-IV) tersebut memenuhi persyaratan Linieritas dengan Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG). Linier yang dimaksudkan di sini adalah kesesuaian antara program studi pada ijazah S-1 atau D-IV dengan Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) berdasarkan Surat Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 4184/B4/GT/2018 Tanggal 15 Februari 2018.

Sebagai contoh, berikut adalah Jurusan atau Program Studi Sarjana (S-1) atau Diploma IV (D-IV) yang Linier dengan Program Studi Guru Kelas Sekolah Dasar (SD) kode 027 pada Pendidikan Profesi Guru (PPG):
  1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
  2. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
  3. Psikologi
  4. Tarbiyah (Tadris Bahasa Indonesia, Tadris IPA, Tadris IPS, tadris Matematika, Tadris Biologi, Tadris Fisika, Tadris Kimia)
  5. Pendidikan Matematika
  6. Pendidikan Bahasa Indonesia
  7. Pendidikan IPA
  8. Pendidikan Kimia
  9. Pendidikan Fisika
  10. Pendidikan Biologi
  11. Pendidikan PKn
  12. Pendidikan IPS
  13. Pendidikan Sejarah
  14. Pendidikan Geografi
  15. Pendidikan Ekonomi
  16. Matematika
  17. Bahasa Indonesia
  18. Fisika
  19. Kimia
  20. Biologi
  21. Sejarah
  22. Ekonomi
  23. Geografi
Selengkapnya, silahkan download / unduh Daftar Linieritas Kualifikasi Sarjana (S-1) atau Diploma IV (D-IV) dengan Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) - [klik di sini]

Demikian sajian informasi mengenai Program Studi S-1/D-IV yang Linier dengan Program Studi PPG yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Info Guru, Pendidikan, PPG

Thanks for reading Inilah Program Studi S-1/D-IV yang Linier dengan Program Studi PPG. Please share...!

0 Komentar untuk "Inilah Program Studi S-1/D-IV yang Linier dengan Program Studi PPG"

Your comment for me, please!

Back To Top
close