Memahami Metode Karyawisata dalam Pembelajaran

Memahami Metode Karyawisata dalam Pembelajaran || Metode Karyawisata atau widyawisata adalah cara penyajian dengan membawa siswa mempelajari materi pelajaran di luar kelas. Karyawisata memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, dapat merangsang kreativitas siswa, informasi dapat lebih luasdan aktual, siswa dapat mencari dan mengolah sendiri informasi. Tetapi karyawisata memerlukan waktu yang panjang dan biaya, memerlukan perencanaan dan persiapan yang tidak sebentar.

Karyawisata dalam arti metode mengajar mempunyai arti tersendiri, berbeda dengan karyawisata dalam arti umum. Karyawisata di sini berarti kunjungan ke luar kelas dalam rangka belajar. Contoh: Mengajak siswa ke gedung pengadilan untuk mengetahui sistem peradilan dan proses pengadilan, selama satu jam pelajaran. Jadi, karyawisata di atas tidak mengambil tempat yang jauh dari sekolah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Karyawisata dalam waktu yang lama dan tempat yang jauh disebut study tour.

Langkah- langkah Pokok dalam Pelaksanaan Metode Karyawisata adalah sebagai berikut:

Perencanaan Karyawisata
Dalam merencanakan Metode Karyawisata, hal yang perlu dirumuskan adalah:
  1. Merumuskan tujuan karyawisata.
  2. Menetapkan objek kayawisata sesuai dengan tujuan yang hendak di-capai.
  3. Menetapkan lamanya karyawisata.
  4. Menyusun rencana belajar bagi siswa selama karyawisata.
  5. Merencanakan perlengkapan belajar yang harus disediakan.
Pelaksanaan Karyawisata
Fase ini adalah pelaksanaan kegiatan belajar di tempat karyawisata de-ngan bimbingan guru. Kegiatan belajar ini harus diarahkan kepada tujuan yang telah ditetapkan pada fase perencanaan di atas.

Tindak Lanjut
Pada akhir karyawisata siswa diminta laporannya baik lisan maupun tertulis, mengenai inti masalah yang telah dipelajari pada waktu karyawisata.

Silahkan Baca Juga; Metode Pembelajaran Lainnya - [klik di sini]

Demikian sajian informasi mengenai Memahami Metode Karyawisata dalam Pembelajaran yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Pendidikan

Thanks for reading Memahami Metode Karyawisata dalam Pembelajaran. Please share...!

0 Komentar untuk "Memahami Metode Karyawisata dalam Pembelajaran"

Your comment for me, please!

Back To Top
close