Mengenal Pesawat Helikopter Kepresidenan Indonesia

Mengenal Helikopter Kepresidenan Indonesia || Sebagaimana telah diketahui bahwa Pesawat Kepresidenan Indonesia adalah pesawat udara khusus yang digunakan oleh Presiden Indonesia dan Wakil Presiden Indonesia. Pesawat ini dirancang untuk memenuhi persyaratan demi menunjang pelaksanaan tugas kenegaraan Presiden Indonesia. Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan wilayah yang luas memerlukan pesawat khusus untuk menunjang perjalanan udara presiden ke seluruh wilayah Indonesia maupun internasional.


Selain memiliki Pesawat Kepresidenan dengan tanda panggil Indonesia One dan ber kode registrasi RI-001, Indonesia juga sebelumnya telah memiliki Helikopter Kepresidenan dengan Jenis dan Type Helikopter Super Puma L2 / AS-332. Helikopter Super Puma L2 / AS-332 merupakah heli yang dibeli langsung dari Perancis, heli ini memiliki nomor ekor H-3204. 
Helikopter Kepresidenan ini dimiliki oleh Sekretariat Negara Republik Indonesia, pengoperasiannya oleh Skadron 45 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) yang merupakan Skuadron angkut khusus VIP / VVIP yang berada di bawah Wing Udara 1, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta dan di bawah koordinasi Sekretariat Militer Presiden RI. Sebelumnya, Helikopter Kepresidenan Super Puma L2 / AS-332 itu berwarna putih dan abu-abu. Setelah Indonesia memiliki Pesawat Kepresidenan Indonesia One RI-001, Helikopter Kepresidenan Super Puma L2 / AS-332 juga kemudian dicat ulang oleh PT. Dirgantara Indonesia dengan corak yang sama persis seperti Pesawat Kepresidenan Indonesia One RI-001.

Demikian sajian informasi mengenai Mengenal Helikopter Kepresidenan Indonesia yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Berita Umum

Thanks for reading Mengenal Pesawat Helikopter Kepresidenan Indonesia. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengenal Pesawat Helikopter Kepresidenan Indonesia"

Your comment for me, please!

Back To Top
close