Memahami Konsep Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Satuan Pendidikan Formal

Memahami Konsep Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Satuan Pendidikan Formal || Penguatan Pendidikan Karakter yang selanjutnya disingkat PPK adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Untuk itu, telah dikukuhkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

File Lengkap Perpres Nomor: 87 Tahun 2017 – [klik di sini]

PPK, memiliki tujuan: 
  1. membangun dan membekali Peserta Didik sebagai generasi emas Indonesia Tahun 2045 dengan jiwa Pancasila dan pendidikan karakter yang baik guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan; 
  2. mengembangkan platform pendidikan nasional yang meletakkan pendidikan karakter sebagai jiwa utama dalam penyelenggaraan pendidikan bagi Peserta Didik dengan dukungan pelibatan publik yang dilakukan melalui pendidikan jalur formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan keberagaman budaya Indonesia; dan 
  3. merevitalisasi dan memperkuat potensi dan kompetensi pendidik, tenaga kependidikan, Peserta Didik, masyarakat, dan lingkungan keluarga dalam mengimplementasikan PPK.
Penyelenggaraan PPK pada Satuan Pendidikan jalur Pendidikan Formal dilakukan secara terintegrasi dalam kegiatan: a. Intrakurikuier; b. Kokurikuler; dan c. Ekstrakurikuler, dan dilaksanakan di dalam dan/atau di luar lingkungan Satuan Pendidikan Formal dengan prinsip manajemen berbasis sekolah/madrasah, dan merupakan tanggung jawab kepala satuan Pendidikan Formal dan guru.

Silahkan Baca Juga;

Untuk lebih memahami tentang konsep, materi teknis dan implementasi Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah, berikut disajikan materi pembahasan secara lebih lengkap dan detail.
Pengertian Dasar Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) - [klik di sini]
Tujuan dan Manfaat Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) - [klik di sini]
Nilai Utama dalam  Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) - [klik di sini]
Prinsip Pengembangan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) - [klik di sini]
Fokus Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) - [klik di sini]
Basis Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) - [klik di sini]
Konsep PPK dalam Pembelajaran Kurikuum 2013 – [klikdi sini]
Modul Materi Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) - [klik di sini]

Demikian sajian informasi mengenai Konsep Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Satuan Pendidikan Formal yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Pendidikan, PPK

Thanks for reading Memahami Konsep Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Satuan Pendidikan Formal. Please share...!

0 Komentar untuk "Memahami Konsep Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Satuan Pendidikan Formal"

Your comment for me, please!

Back To Top
close