-->

Peristiwa Yang Terjadi Tanggal 10 Maret

Terdapat beberapa peristiwa menghebohkan yang terjadi tanggal 10 Maret tercatat dalam sejarah. Catatan tersebut mungkin ada yang merupakan sejarah sebuah bangsa terkait politik ataupun peristiwa kehidupan yang spektakuler. Berikut peristiwa-peristiwa besar terjadi tanggal 10Maret yang pernah menghebohkan dunia. Catatan ini dirangkum dari berbagai sumber yang sempat penulis baca.

Tanggal 10 Maret 1607
Pasukan pimpinan Susenyos I mengalahkan pasukan Etiopia pimpinan Yaqob I dalam Pertempuran Gol di Gojjam, sebelah barat Etiopia. Keberhasilan Susenyos I mengalahkan Yaqob I sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai Kaisar Etopia.

Tanggal 10 Maret 1814
Pasukan Prancis pimpinan Napoleon Bonaparte diakalahkan pasukan gabungan Kerjaan Prusia dan Kekaisaran Rusia dalam Pertempuran Laon di Kota Laon, sebelah utara Prancis. Dalam kekalahan tersebut, Napoleon kehilangan sekitar 6.500 prajuritnya.

Tanggal 10 Maret 1905
Klub sepak bola Chelsea FC didirikan di Inggris, , diresmikan di sebuah Pub The Rising Sun - kini restoran The Butcher’s Hook - di Fulham, London. Chelsea FC didirikan H.A. Mears setelah dirinya mengakuisisi Stadion Stamford Bridge yang masih digunakan sebagai markas klub tersebut hingga kini.

Tanggal 10 Maret 1917
Gempa bumi berkekuatan 6,3 skala richter mengguncang Long Beach, California, Amerika Serikat (AS). Bencana tersebut menewaskan sedikitnya 140 orang.

Tanggal 10 Maret 1917
Pasukan Inggris mengalahkan dan mengusir pasukan Kekaisaran Ottoman yang menduduki Kota Baghdad, Irak. Sebelum merebut dan menduduki Kota Baghdad dari tangan Kekaisaran Ottoman, Inggris harus bersusah payah melakukan pertempuran selama beberapa hari. Dalam memperebutkan Kota Baghdad, Inggris mengerahkan 50.000 tentara, sedangakan pasukan Kekaisaran Ottoman hanya diperkuat sekitar 25.000 prajurit.

Tanggal 10 Maret 1942
Pasukan Jepang untuk kali ketiga mendarat di Australia dan berusaha menguasai negara tersebut. Kedatangan Jepang itu sekaligus untuk mengusir pasukan Sekutu dari Australia.

Tanggal 10 Maret 1950 
Kebijakan moneter "Gunting Syafruddin" mulai diberlakukan di Indonesia; uang pecahan Rp5 ke atas digunting menjadi dua.

Tanggal 10 Maret 1952 
Dilarang oleh hukum untuk dicalonkan kembali, mantan Presiden Fulgencio Batistamelangsungkan kudeta untuk merebut kekuasaan di Kuba.

Tanggal 10 Maret 1957
Osama bin Laden lahir di Riyadh, Arab Saudi. Ia lantas dikenal luas sebagai pendiri organisasi Al-Qaeda. Ia juga dikenal luas di dunia karena dituduh sebagai otak di balik Serangan 11 September di Amerika Serikat (AS).

Tanggal 10 Maret 1959
Rakyat Tibet berkumpul mengelilingi kediaman Dalai Lama karena khawatir tentara Tiongkok yang menginvasi negara tersebut akan meculik Dalai Lama. Dalai Lama lantas dilarikan ke India untuk menjamin perlindungannya.

Tanggal 10 Maret 1965
Pengeboman MacDonald House terjadi di Singapura; dua tentara Indonesia, Harun Said dan Usman Hj Mohd Ali, kemudian dihukum mati sebagai terdakwa pelakunya.

Tanggal 10 Maret 1975
Pasukan Vietnam Utara berhasil menduduki Kota Ban Me Thout di Vietnam Selatan setelah pertempuran sengit antara kedua negara tersebut. Padahal, dua tahun sebelumnya, kedua negara itu telah menyepakati gencatan senjata.

Tanggal 10 Maret 1977
Satelit Palapa A2 milik Indonesia diluncurkan dari Kennedy Space Center, Amerika Serikat.

Tanggal 10 Maret 1977
Sistem cincin planet Uranus pertama kali terdeteksi.

Tanggal 10 Maret 2000
Indeks pasar saham NASDAQ ditutup pada 5048,62 poin, yaitu nilai tertingginya hingga saat ini.

Tanggal 10 Maret 2005
Garry Kasparov, grandmaster pecatur utama dunia, mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia catur.

Tanggal 10 Maret 2006 
Wahana Mars Reconnaissance Orbiter tiba di Planet Mars.

Tanggal 10 Maret 2013
Putri Kerajaan Swedia, Lillian, meninggal dunia pada usianya yang ke-97 tahun karena penyakit Alzheimer yang dideritanya. Lillian yang lahir di Wales menjadi Putri Kerajaan Swedia setelah dinikahi Pangeran Bertil. 

Baca Juga;

Demikian sajian informasi mengenai Peristiwa YangTerjadi Tanggal 10 Maret yang dapat penulis sajikan dalam kesempatan ini. Mudah-mudahan menambah wawasan dan cakrawala pengetahuan dunia.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Peristiwa Tanggal, Sejarah

Thanks for reading Peristiwa Yang Terjadi Tanggal 10 Maret. Please share...!

0 Komentar untuk "Peristiwa Yang Terjadi Tanggal 10 Maret"

Your comment for me, please!

Back To Top
close