-->

Pengertian http:// dan https:// dalam Koneksi Internet

Dalam adres bar sebuah browser ketika kita membuka sebuah situs web sering melihat http://internet.com atau https://internet.com meskipun secara tekstual http:// atau https:// tersebut tidak diketik. Sekedar pemahaman singkat berikut disajikan pengertian dan perbedaan dari kedua hal tersebut. Sebagian besar tulisan ini dimuat dari tulisan di https://beon.co.id.

HTTP ( Hypertext Transfer Protocol)
Hypertext Transfer Protokol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan yang disebut dengan dokumen hiperteks yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan inggris yang bernama Tim Berners Lee. Http merupakan protokol yang menyediakan perintah dalam komunikasi antar jaringan, yaitu komunikasi antara jaringan komputer client dengan web server. Dalam komunikasi ini, komputer clientmelakukan permintaan dengan mengetikkan alamat atau website yang ingin di akses. Sedangkan server mengolah permintaan tersebut berdasarkan kode protokol yang di inputkan. HTTP disebut protokol Stateless karena setiap perintah dijalankan secara independen, tanpa pengetahuan tentang perintah yang datang sebelumnya. Ini adalah alasan utama yang sulit untuk menerapkan situs Website yang bereaksi secara cerdas untuk input pengguna.

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)
Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) memiliki pengertian yang sama dengan HTTP hanya saja HTTPS memiliki kelebihan fungsi di bidang keamanan (secure). HTTPS di temukan oleh Netscape Communication Corporation. HTTPS menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security(TLS) sebagai sublayer dibawah HTTP aplikasi layer yang biasa. HTTP di enkripsi dan deskripsi dari halaman yang di minta oleh pengguna dan halaman yang di kembalikan oleh web server. Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port yang digunakan HTTPS adalah port 443. Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual. Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan ‘https://’. HTTPS dapat menjamin keamanan dalam Autentikasi server yaitu memungkinkan peramban dan pengguna memiliki kepercayaan bahwa mereka sedang berbicara kepada server aplikasi sesungguhnya. https juga mampu dalam menjaga kerahasiaan data dan Integritas data.

Baca juga yang ini;
Pengertian WWW dalam Koneksi Internet - KLIK di SINI

Perbedaan utama HTTP dan HTTPS
Perbedaan utama antara HTTP dan HTTPS, dimulai dengan port default, yang 80 untuk http dan 443 untuk https. HTTPS bekerja dengan transmisi interaksi yang normal http melalui sistem terenkripsi, sehingga dalam teori, informasi tidak dapat diakses oleh pihak selain klien dan server akhir. Ada dua jenis umum lapisan enkripsi: Transport Layer Security (TLS) dan Secure Socket Layer (SSL), yang keduanya menyandikan catatan data yang dipertukarkan.

Demikian sajian informasi mengenai Pengertian HTTP dan HTTPS dalam Koneksi Internet yang dapat penulis sampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Internet

Thanks for reading Pengertian http:// dan https:// dalam Koneksi Internet. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian http:// dan https:// dalam Koneksi Internet"

Your comment for me, please!

Back To Top
close