68 Tahun Serangan Umum 1 Maret 1949 - 2018

Satu makna yang luar biasa dari sebuah peristiwa sangat penting yang pernah terjadi dalam sejarah Indonesia yang disebut Serangan Umum 1 Maret 1949. Makna yang luar biasa itu adalah sebuah pembuktian kepada dunia bahwa Tentara Nasional Indonesia dan Negara Republik Indonesia itu Masih Ada. Saat itu, terutama bagi negara yang tidak mengakui Republik Indonesia terkesan menyimpilkan bahwa tidak ada lagi aktivitas perjuangan dan ke-Indonesiaan yang terdeteksi.

Demikianlah tujuan Serangan Umum 1 Maret 1949. Sedangkan yang dimaksud dengan Serangan Umum 1 Maret 1949 adalah serangan yang dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 1949 terhadap kota Yogyakarta secara besar-besaran yang direncanakan dan dipersiapkan oleh jajaran tertinggi militer di wilayah Divisi III/GM III dengan mengikutsertakan beberapa pucuk pimpinan pemerintah sipil setempat berdasarkan instruksi dari Panglima Divisi III, Kol. Bambang Sugeng.

Tiga alasan penting dipilihnya Kota Yogyakarta sebagai sasaran utama Serangan Umum 1 Maret adalah:
  1. Yogyakarta adalah Ibukota RI, sehingga bila dapat direbut walau hanya untuk beberapa jam, akan berpengaruh besar terhadap perjuangan Indonesia melawan Belanda.
  2. Keberadaan banyak wartawan asing di Hotel Merdeka Yogyakarta serta masih adanya pengamat militer dari PBB.
  3. Langsung di bawah wilayah Divisi III / Gubernur Militer (GM) III sehingga tidak perlu persetujuan Panglima / GM lain dan semua pasukan memahami dan menguasai situasi/daerah operasi.
Hasilnya, setelah dilakukan Serangan Umum 1 Maret, informasi yang menyebar hampir ke seluruh pelosok dunia mampu menguatkan posisi tawar dari Republik Indonesia di mata dunia dan sekaligus mempermalukan Belanda yang telah mengklaim bahwa RI sudah lemah.

Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 itu tidak begitu populer, entah karena apa. Tidak ada pengkondisian khusus dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk menggemakan makna besar Serangan Umum 1 Maret 1949. Bahkan, mungkin banyak pihak yang sudah lupa bahwa Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 itu pernah terjadi dan memiliki makna sangat besar.

Jika memang sudah lupa, atau bahkan tidak ada keberpihakan pemerintah terhadap Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949, di hitungan 68 Tahun Peringatan Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 pada tahun 2018 ini. Penulis berharap agar semua pihak bersedia untuk memulai kembali menggemakan makna besar Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 dengan cara-cara yang positif dan bermanfaat. Karena dengan peristiwa tersebut salah satu di antaranya, Negara Kesatuan Republik Indonesia sampai saat ini masih ada dengan segala kemajuannya di berbagai aspek kehidupan.

Terima kasih para Pahlawan, semoga atas perjuangan kalian pada masa itu, Tuhan memberkahi. 

Dermikian sajian informasi mengenai 68 Tahun Serangan Umum 1 Maret 1949 - 2018 ini dapat penulis sampaikan. Hanya sekedar kembali mengingatkan, mudah-mudahan terinspirasi dan menjadi motivasi yang luar biasa dalam menjalani kehidupan pribadi dan profesi.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Artikel, Sejarah

Thanks for reading 68 Tahun Serangan Umum 1 Maret 1949 - 2018. Please share...!

Back To Top
close