Kode Etik Guru Indonesia; Guru Wajib Melaksanakannya

Kode etik  (dalam organisasi apapun) adalah pedoman sikap, tingkah laku, dan perbuatan di dalam melaksanakan tugas dan kehidupan sehari-hari baik sebagai profesi, kehidupan pribadi maupun bermasyarakat. Maka menilik Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 16 tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Berkaitan dengan Kompetensi Guru pada poin Kompetensi Kepribadian, bahwa guru harus menjunjung tinggi kode etik profesi guru.

Download Kode Etik Guru Indonesia - KLIK di SINI

Pada dasarnya guru adalah tenaga professional di bidang kependidikan yang memiliki tugas mengajar, mendidik, dan membimbing anak didik agar menjadi manusia yang berpribadi Pancasila (kepribadian bangsa). Dengan demikian, guru memiliki kedudukan yang sangat penting dan tanggung jawab yang sangat besar dalam menangani berhasil atau tidaknya program pendidikan.Kalau boleh dikatakan sedikit secara ideal, baik atar buruknya suatu bangsa di masa mendatang banyak terletak di tangan guru.

Kode Etik Guru adalah norma dan asas yang disepakati dan diterima oleh guru-guru Indonesia. Sebagai pedoman sikap dan perilaku dalam melaksanakan tugas profesi sebagai pendidik, anggota maasyarakat dan warga negara. Kode Etik Guru merupakan pedoman sikap dan perilaku bertujuan menempatkan guru sebagai profesi terhormat, mulia, dan bermartabat yang dilindungi undang-undang.

Kode Etik Guru berfungsi sebagai seperangkat prinsip dan norma moral yang melandasi pelaksanaan tugas dan layanan profesional guru dalam hubungannya dengan peserta didik, orangtua/wali siswa, sekolah dan rekan seprofesi, organisasi profesi, dan pemerintah sesuai dengan nilai-nilai agama, pendidikan, sosial, etika dan kemanusiaan.

Kode Etik Guru Indonesia bersumber dari :
  1. Nilai-nilai agama dan Pancasila
  2. Nilai-nilai kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.
  3. Nilai-nilai jati diri, harkat dan martabat manusia yang meliputi perkembangan kesehatan jasmaniah, emosional, intelektual, sosial, dan spiritual.
Download Kode Etik Guru Indonesia - KLIK di SINI

Demikian sajian informasi mengenai Kode Etik Guru Indonesia. Mudah-mudahan melengkapi inreferensi khususnya bagi para guru serta sekaligus guna dijadikan pedoman bersikap dan berperilaku dalam profesi sehingga menjadi guru yang lebih hebat lagi.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Info Guru, Pendidikan

Thanks for reading Kode Etik Guru Indonesia; Guru Wajib Melaksanakannya. Please share...!

Back To Top
close