Inilah Karakteristik GURU ZAMAN NOW

Kita sering mendengar kata-kata "kids zaman now" atau mungkin "emak-emak zaman now" beserta foto aktivitasnya di media sosial. Kondisi tersebut menggambarkan kehidupan kekinian di abad 21. Keadaan yang semuanya mengarah pada glamouritas dan berlomba-lomba menempatkan diri menjadi nomor wahid dalam hal "gengsi" sudah menjadi bagian kehidupan saat ini.

Ketika bicara soal GURU di abad 21 ini dalam kaitannya dengan istilah "...... zaman now", seperti apakah kira-kira kalau seorang guru di media sosial mempublikasi aktivitasnya dengan menyebut dirinya sebagai guru zaman now. Sehubungan dengan hal tersebut, untuk membantu para guru menganalisa apakah sudah layak menyebut dirinya guru zaman now, berikut ada beberapa kriteria yang palilng tidak melekat dalam keseharian guru baik sebagai pribadi maupun sebagai profesi. 

Baca Juga;
  1. Tidak Pernah Berhenti Belajar atau menjadi pembelajar seumur hidup. Guru perlu meng-upgrade terus pengetahuannya dengan banyak membaca serta berdiskusi dengan pengajar lain atau bertanya pada para ahli. Tak pernah ada kata puas dengan pengetahuan yang ada, karena zaman terus berubah dan guru wajib up to date agar dapat mendampingi siswa berdasarkan kebutuhan mereka.
  2. Tidak Alergi dengan Perubahan serta Menyukai Tantangan. Tuntutan kehidupan dalam semua aspek selalu berubah sedemikian cepat. Sebagai agent of change, guru selayaknya menjadi yang terdepan dalam membimbing anak didik dan masyarakat untuk siap mengantisipasi dan bahkan menjadi agen perubahan.
  3. Memiliki Kemampuan  ber-Kreasi dan ber-Inovasi. Siswa yang kreatif lahir dari guru yang kreatif dan inovatif. Guru diharap mampu memanfaatkan variasi sumber belajar untuk menyusun kegiatan di dalam kelas.
  4. Menguasai dan Memanfaatkan Teknologi khususnya Teknologi Informasi dalam segala aspek profesi terlebih secara khusus dalam Pembelajaran. Salah satu ciri dari model pembelajaran abad 21 adalah blended learning, gabungan antara metode tatap muka tradisional dan penggunaan digital dan online media. Pada pembelajaran abad 21, teknologi bukan sesuatu yang sifatnya additional, bahkan wajib.
  5. Memiliki kemampuan melakukan Refleksi terhadap hasil pekerjaan. Guru yang reflektif adalah guru yang mampu menggunakan penilaian hasil belajar untuk meningkatkan kualitas mengajarnya. Guru yang reflektif mengetahui kapan strategi mengajarnya kurang optimal untuk membantu siswa mencapai keberhasilan belajar. Ada berapa guru yang tak pernah peka bahkan setelah mengajar bertahun-tahun bahwa pendekatannya tak cocok dengan gaya belajar siswa. Guru yang reflektif mampu mengoreksi pendekatannya agar cocok dengan kebutuhan siswa, bukan malah terus menyalahkan kemampuan siswa dalam menyerap pembelajaran
  6. Mampu melakukan Kolaborasi. Ini adalah salah satu keunikan pembelajaran abad 21. Guru dapat berkolaborasi dengan rekan guru dan dengan siswa dalam pembelajaran. Selalu ada mutual respect dan kehangatan sehingga pembelajaran akan lebih menyenangkan. Selain itu guru juga membangun kolaborasi dengan orang tua melalui komunikasi aktif dalam memantau perkembangan anak.
  7. Memposisikan Siswa sebagai Subjek dalam Pembelajaran. Ini adalah salah satu kunci dalam pembelajaran kelas kekinian. Dalam hal ini, siswa memiliki peran aktif dalam pembelajaran sehingga guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Karenanya, dalam kelas abad 21 metode ceramah tak lagi populer untuk diterapkan karena lebih banyak mengandalkan komunikasi satu arah antara guru dan siswa.
  8. Memposisikan Siswa sebagai Teman. Guru jaman sekarang tidak jamannya lagi menjadi sosok yang ke-bapak-an yang segalanya harus dihormati dan bahkan ditakuti. Jika mampu memposisikan diri sebagai teman yang lebih dewasa di antara para siswanya, maka guru akan lebih banyak diterima dalam pergaulan dan pembelajaran dengan para siswanya.
  9. Menerapkan pendekatan Diferensiasi. Dalam menerapkan pendekatan ini, guru akan mendesain kelas berdasarkan gaya belajar siswa. pengelompokkan siswa di dalam kelas juga berdasarkan minat serta kemampuannya. Dalam melakukan penilaian guru menerapkan formative assessment dengan menilai siswa secara berkala berdasarkan performanya (tak hanya tes tulis). Tak hanya itu, guru bersama siswa berusaha untuk mengatur kelas agar menjadi lingkungan yang aman dan suportif untuk pembelajaran.
  10. Bersikap dan Berpenampilan Luwes serta Fleksibel. Luwes dan fleksibel dalam bersikap selayaknya dipraktekkan oleh guru baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan profesi karena guru harus bisa digugu dan ditiru.
Demikian kiranya sajian pemikiran dan informasi mengenai Karakteristik Guru Zaman Now. Mudah-mudahan ini menjadi barometer guru untuk terus berada pada posisi zaman now sampai kapanpun.

Semoga Bermanfaat !!!
Loading...
Labels: Artikel, Info Pendidikan

Terima kasih telah membaca Inilah Karakteristik GURU ZAMAN NOW. Silahkan berbagi jika bermanfaat !!! ...

Back To Top