-->

Memahami Organisasi Penggerak dan Relawan Penggerak

Memahami Organisasi Penggerak dan Relawan Penggerak || Pelaksanaan Program Organisasi Penggerak pada tahap awal mencakup sekolah pada satuan pendidikan PAUD, SD, dan SMP yang berpartisipasi dalam proyek rintisan. Program berlangsung di kabupaten/kota yang sudah diidentifikasi oleh Organisasi Penggerak dalam koordinasi Dinas Pendidikan dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan. Fase pertama program akan dilaksanakan dari tahun 2020 sampai dengan 2022.

Aktivitas yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mendukung Program Organisasi Penggerak meliputi:
  1. Melakukan identifikasi, evaluasi, dan seleksi calon Organisasi Penggerak berbasis proposal dengan melampirkan bukti dampak pelaksanaan program di waktu lampau.
  2. Memberikan dukungan pelaksanaan program selama periode implementasi.
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi melalui mengumpulan data pelaksanaan program dalam tiga periode yaitu tahap pertama (baseline), tahap paruh pelaksanaan (midline), dan tahap akhir (endline).
  4. Melakukan observasi proses pembelajaran selama implementasi program dengan memberdayakan SDM terdekat.
  5. Melakukan pengawasan dan pendampingan penggunaan dana bantuan pemerintah.
Selain Program Organisasi Penggerak, juga tersedia kesempatan bagi individu-individu yang ingin menjadi relawan di Komunitas Penggerak. Relawan ini merupakan individu-individu terampil dan kompeten yang peduli terhadap dunia pendidikan. Dengan mendaftar di Komunitas Penggerak sebagai relawan, Kemendikbud atau Organisasi yang berpartisipasi dalam Program Organisasi Penggerak dapat menghubungi Anda untuk meminta dukungan dalam mengimplementasikan program mereka

Dengan mendaftar di Komunitas Penggerak sebagai relawan, Kementerian dan organisasi yang berpartisipasi dalam Program Organisasi Penggerak akan dapat menghubungi Anda untuk meminta dukungan Anda dalam mengimplementasikan program mereka. Relawan Penggerak dapat mengambil peran melalui kolaborasi dengan Organisasi Penggerak dalam sebuah proyek rintisan peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah di berbagai daerah di Indonesia.

Demikian sajian informasi Memahami Organisasi Penggerak dan Relawan Penggerak yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Merdeka Pendidikan

Thanks for reading Memahami Organisasi Penggerak dan Relawan Penggerak. Please share...!

0 Komentar untuk "Memahami Organisasi Penggerak dan Relawan Penggerak"

Your comment for me, please!

Back To Top
close