Petunjuk Penyelenggaraan Manajemen Resiko Dalam Gerakan Pramuka

Petunjuk Penyelenggaraan Manajemen Resiko Dalam Gerakan Pramuka || Di dalam pelaksanaan kegiatan Kepramukaan yang banyak dilakukan di luar ruang terkadang  dihadapkan kepada sejumlah resiko yang menjadi tanggungjawab seluruh anggota Gerakan Pramuka. Resiko yang timbul dari pelaksanaan kegiatan Pramuka tersebut perlu dikelola menurut prinsip-prinsip manajemen dalam suatu Pedoman Kebijakan Manajemen Resiko. Resiko adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam sebagian aspek kehidupan sehari-hari. Kita semua secara terus-menerus melakukan pengelolaan resiko, kadang-kadang disadari, dan kadang-kadang tanpa disadari, tetapi tidak selalu dengan cara yang sistematis. Kesadaran terhadap resiko selalu menjadi fokus Gerakan Pramuka di dalam pelaksanaan program untuk kaum muda, dalam lingkungan yang menyediakan sumber-sumber pembelajaran dari pengalaman serta praktek.

Manajemen Resiko merupakan sebuah proses baku yang terdiri atas langkah-langkah, yang ketika dilakukan dalam urutan-urutan tertentu, memungkinkan perbaikan yang berkesinambungan dalam proses perencanaan, pelaksanaan maupun dalam pengambilan keputusan, kebijakan manajemen resiko akan dianalisa paling tidak satu kali dalam setahun. Kebijakan Manajemen Resiko dalam Gerakan Pramuka untuk melengkapi proses yang telah ada, serta untuk memastikan bahwa resiko yang terkait dengan aktivitas yang dilakukan dapat disadari dan dikelola dengan baik.

Sehubungan dengan hal itu, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah menerbitkan Keputusan Nomor 227 Tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Kebijakan Manajemen Resiko Dalam Gerakan Pramuka

Sasaran pelaksanaan Manajemen Resiko dalam Gerakan Pramuka adalah sebagai berikut.

  1. Memberikan rasa aman bagi para pelaksana maupun peserta kegiatan.
  2. Memberikan jaminan kepada para peserta kegiatan.
  3. Memberikan informasi dan dukungan pengaturan keamanan maupun keselamatan dalam upaya menanggulangi resiko pada pelaksanaan kegiatan kepramukaan.
  4. Mengurangi hingga menghapuskan resiko terhadap nyawa, cedera, material, maupun finansial, sehingga citra Gerakan Pramuka tetap dapat terpelihara.
Penyelenggaraan manajemen resiko dalam Gerakan Pramuka bertujuan untuk menanggulangi berbagai akibat negatif baik secara moril maupun materiil dalam pelaksanaan kegiatan di lingkungan Gerakan Pramuka, baik dalam skala kecil (kegiatan gugus depan) maupun skala besar (kegiatan cabang, daerah, maupuan nasional).

DOWNLOAD; 
Jukran Kebijakan Manajemen Resiko dalam Gerakan Pramuka - [di sini]

Demikian sajian informasi mengenai Petunjuk Penyelenggaraan Manajemen Resiko Dalam Gerakan Pramuka yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Pramuka All

Thanks for reading Petunjuk Penyelenggaraan Manajemen Resiko Dalam Gerakan Pramuka . Please share...!

0 Komentar untuk "Petunjuk Penyelenggaraan Manajemen Resiko Dalam Gerakan Pramuka "

Your comment for me, please!

Back To Top
close