-->

Kementrian Agama Telah Menetapkan Idul Adha Tahun 2018 M

Kementrian Agama Telah Menetapkan Idul Adha Tahun 2018 M || Kementerian Agama (Kemenag) telah melaksanakan sidang Isbat penetapan awal Zulhijah, di Auditorium Kemenag, Jakarta, hari Sabtu tanggal 11 Agustus 2018 malam. Hasil sidang Isbat tersebut, Kemenag menetapkan 1 Zulhijah 1439 H jatuh pada hari Senin atau bertepatan dengan tanggal 13 Agustus 2018 M. Dengan demikian 10 Zulhijah 1439 H atau hari Hari Raya Idul Adha 1439 akan jatuh pada hari Rabu, 22 Agustus 2018 M.

Penetapan tersebut disampaikan oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin yang mewakili Menteri Agama usai menyelenggarakan sidang Isbat penetapan awal Zulhijah, di Auditorium Kemenag, Jakarta, Sabtu tanggal 11 Agustus 2018 malam.

Sesuai laporan yang disampaikan pada sidang Isbat yang dihadiri oleh sejumlah pimpinan ormas Islam, MUI, dan sejumlah perwakilan negara sahabat itu, posisi hilal di seluruh Indonesia masih berada di bawah ufuk.

Petugas rukyatul hilal sampai sidang Isbat tersebut berlangsung, tidak satu pun di antara mereka menyaksikan hilal. Karena itu, dari segi hisab dan rukyatul hilal, maka sebagaimana yang dipedomani berdasarkan Fatwa MUI Nomor 2 tahun 2004 tentang penentuan awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah, menurut Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, bulan Zulkaidah 1439 Hijriah disempurnakan, dengan cara istikmal atau digenapkan menjadi 30 hari.

Dirjen Bimas Islam Kemenag berharap, keputusan yang dihasilkan dalam sidang isbat itu membawa berkah bagi semua umat muslim di tanah air.

Perwakilan MUI KH Basri Bermanda menyampaikan bahwa substansi dalam fatwa MUI Nomor 2 tahun 2004 adalah penetapan awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah ditentukan dalam sidang Isbat. Hal tersebut menjadi solusi dalam penentuan hari-hari besar keagamaan.

Demikian sajian informasi mengenai Kementrian Agama Telah Menetapkan Idul Adha Tahun 2018 M yang dapat disajikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Berita Umum

Thanks for reading Kementrian Agama Telah Menetapkan Idul Adha Tahun 2018 M. Please share...!

0 Komentar untuk "Kementrian Agama Telah Menetapkan Idul Adha Tahun 2018 M"

Your comment for me, please!

Back To Top
close