-->

Info Lengkap Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) untuk Pengentasan Kemiskinan Desa

Pemerintah Republik Indonesia sesuai arahan Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Pertanian (Kementan) membuat Program Bekerja atau Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera. Dengan menjangkau 1.000 desa yang berada di wilayah 100 kabupaten angka kemiskinan secara agregat diharapkan mampu ditekan sesuai target pemerintah menjadi satu dijit atau di bawah 10 persen pada tahun 2018. Untuk tahap awal, terdapat sejumlah provinsi sebagai prioritas yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Sumsel, Lampung, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.


Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) ini adalah bagian program padat karya tunai, berbasis pada pertanian. Sektor pertanian harus menjadi ujung tombak untuk menekan angka kemiskinan khususnya di desa, serta mengangkat kesejahteraan petani.


Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja)  harus dapat menjadi solusi permanen pengentasan kemiskinan dengan menyasar jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Setiap rumah tangga miskin akan menerima bantuan 50 ekor ayam, 3 ekor kambing/domba, 5 ekor kelinci beserta kandang dan pakan selama 6 bulan, 2-3 batang bibit mangga/manggis/durian/pisang/pepaya, 2-3 batang bibit kopi/kakao/pala/lada dan 10 batang bibit cabai/bawang merah.  Secara khusus, Kementan telah melakukan refocusing anggaran anggaran untuk menyediakan 10 juta ekor ayam. Program Bekerja memanfaatkan pekarangan masyarakat secara intensif untuk pertanian.


Pemerintah berharap program ini dapat berjalan dengan baik dengan menjalin sinergi berbagai pihak, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta stakeholders terkait. Sejumlah universitas, organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan, dan organisasi-organisasi lain yang punya fokus program pemberdayaan pertanian dan pengentasan kemiskinan juga diharapkan bisa berpartisipasi aktif.

Demikian sajian informasi mengenai Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) untuk Pengentasan Kemiskinan Desa yang dapat disajikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Berita Umum

Thanks for reading Info Lengkap Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) untuk Pengentasan Kemiskinan Desa. Please share...!

0 Komentar untuk "Info Lengkap Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) untuk Pengentasan Kemiskinan Desa"

Your comment for me, please!

Back To Top
close