-->

Inilah Tahapan Pencairan PIP 2018

Alokasi Dana Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2018 untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI sebesar Rp 9,344 triliun. Jumlah sebesar itu termasuk juga untuk program dan manajemen penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi siswa/peserta didik Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) serta Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP).

Pencairan Dana Program Indonesia Pintar akan disalurkan melalui beberapa Tahap. Tahapan Pencairan PIP 2018 memang belum dipublikasikan seperti juga tahun-tahun sebelumnya. Hanya pentahapan pencairan tersebut biasanya berdasarkan wilayah regional dan Pengelompokan Kriteria Siswa. Kalau berdasarkan wilayah regional biasanya seperti ini bahwa Tahap 1 2 dan 3 khusus untuk Wilayah Pulau Jawa dan Sumatera. Sedangkan kalau berdasarkan Pengelompokan Kriteria Siswa, Tahap Pencairan Dana PIP adalah dikelompokkan seperti berikut:
  1. Penerima Tahap 1 adalah Siswa yang terdaftar di Sekolah Dasar (SD), tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan merupakan siswa yang Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dalam Keterangan SK disebut KIP Dapodik.
  2. Penerima Tahap 2 adalah Siswa yang terdaftar di Sekolah Dasar (SD), tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan merupakan siswa dari keluarga Miskin atau Rentan Miskin yang Tidak Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dalam Keterangan SK disebut Layak KIP dan Usulan.
  3. Penerima Tahap 3 adalah Siswa yang terdaftar di Sekolah Dasar (SD), tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan merupakan siswa KPS dan PKH/KKS. Dalam Keterangan SK disebut Pemadanan Kemensos.
Masing-masing kelompok pentahapan tersebut bisa saja terjadi 1 Tahap atau 2 Tahap, karena pentahapan juga mempertimbangkan kemampuan Bank Penyalur PIP dalam merealisasi Pencairan. Secara pasti, tahapan pencairan bisa diCEK atau diMONITOR lewat Laman PIP http://pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/index.php/Auth atau silahkan ikuti panduan Cara Mengetahui Siswa yang Mendapat PIP - [klik di sini]

Demikian sajian informasi mengenai Tahapan Pencairan PIP 2018 yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

0 Komentar untuk "Inilah Tahapan Pencairan PIP 2018"

Your comment for me, please!

Back To Top
close