-->

Cara Mengetahui Siswa yang Mendapat PIP di Sekolah

Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan Bantuan Dana Pendidikan bagis siswa SD, SMP, SMA/SMK bahkan Lembaga Kursus. Terdapat beberapa kriteria siswa yang layak mendapatkan Bantuan PIP, kelayakan tersebut diawali dari input data siswa melalui Dapodik pada satuan pendidikan masing-masing. Setelah diusulkan mendapatkan Dana PIP karena dianggap memenuhi kriteria layak, bagaimana Cara Mengetahui Siswa yang Mendapat PIP di Sekolah.

Masih banyak yang belum mengetahui bahwa Manajemen PIP Kementria Pendidikan dan Kebudayaan telah menyediakan layanan online www.pipsd.kemdikbud.go.id untuk melakukan pengecekan atau Monitoring PIP sekaligus media komunikasi antara Manajemen PIP pada berbagai tingkatan termasuk bagi pihak sekolah sebagai jawaban dari pertanyaan bagaimana Cara Mengetahui Siswa yang Mendapat PIP di Sekolah.

Berikut disajikan petunjuk bagaimana Cara Mengetahui Siswa yang Mendapat PIP di Sekolah khusus Sekolah Dasar (SD).

Kunjungi laman http://pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/index.php/Auth atau [klik di sini] dan akan muncul tampilan Login


Pada tampilan seperti di atas, dalam Pilih Type Login – pilih Login Operator Sekolah lalu di bagian atasnya isi username, password dan NPSN sekolah (username dan password sama dengan Aplikasi Dapodik) kemudian di bagian bawah klik Log In maka akan muncul laman Dashboard seperti berikut:


Pada gambar di atas, Panel sebelah kiri adalah Identitas sekolah dan Menu Utama terdiri dari Dashboard, Download Data dan Validasi Data sedangkan di sebelah kanannya Panel Monitoring terdiri dari Belum Aktivasi, Sudah Aktivasi dan Belum Rekening.
  1. Belum Aktivasi adalah data Siswa Penerima PIP yang sudah memiliki Rekening dan Jumlah Dana PIP yang Belum Dicairkan di Bank.
  2. Sudah Aktivasi adalah data Siswa Penerima PIP yang sudah memiliki Rekening dan Jumlah Dana PIP yang Sudah Dicairkan di Bank.
  3. Belum Rekening adalah data Siswa Penerima PIP yang belum memiliki Rekening dan Jumlah Dana PIP yang Siap Dicairkan di Bank.
Jika Anda ingin mengetahui Detail Data Siswa Penerima PIP, silahkan pilih Menu Download pada Panel Menu Utama sebelah kiri:


Tampilan Menu Download


Pada tampilan seperti di atas silahkan pilih Fitur Download Per Tahap, Download Keseluruhan atau Download Hasil Validasi.

Demikian sajian informasi mengenai Cara Mengetahui Siswa yang Mendapat PIP di Sekolah yang dapat disajikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

0 Komentar untuk "Cara Mengetahui Siswa yang Mendapat PIP di Sekolah"

Your comment for me, please!

Back To Top
close