-->

Teknik Analisis Kompetensi terhadap Kurikulum untuk Merancang Pembelajaran Efektif

Setiap pembelajaran yang dilakukan sebelumnya telah direncanakan dengan baik agar mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Namun mungkin masih banyak yang belum dapat mepraktekkan bahwa sesungguhnya perencanaan terhadap pembelajaran tersebut hendaknya dilakukan sejak jauh hari dengan melibatkan semua pihak di sekolah. Apa yang harus dilakukan sekolah ? Yaitu melakukan Analisis Kompetensi terhadap Kurikulum.
  1. Mengkaji Dokumen I Kurikulum meliputi kajian visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan pendidikan, alokasi waktu dan beban belajar, kalender pendidikan untuk merancang RPP yang proporsional sesuai dengan alokasi tersedia.
  2. Mengkaji Dokumen II Kurikulum yang berisi silabus. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau tema tertentu dalam pelaksanaan kurikulum. Kajian secara kontekstual, faktual dan aktual dilakukan untuk diperkaya, dilengkapi, disesuaikan atau ditata ulang secara kontekstual karakteristik tiap daerah, satuan pendidikan dan siswa.
  3. Menentukan dan membuat pemetaan beban belajar dan alokasi waktu untuk pembelajaran tematik terpadu, pendidikan agama dan budi pekerti, matematika dan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk tiap minggu, semester dan satu tahun pelajaran.
  4. Materi pembelajaran dari silabus dirinci ke dalam materi-materi pembelajaran pada masing-masing RPP. Tujuannya agar keseluruhan materi dan kompetensi dasar terbagi habis ke RPP dalam satu semester atau satu tahun pembelajaran.
  5. Mengkaji buku guru untuk diperkaya, dilengkapi, disesuaikan atau ditata ulang secara kontekstual, faktual dan aktual sesuai kondisi, kebutuhan, potensi, situasi, sosial ekonomi dan budaya serta karakteristik siswa, satuan pendidikan dan daerah. Buku guru berisi pedoman yang memuat strategi pembelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran, dan penilaian untuk setiap mata pelajaran dan/atau tema pembelajaran.
  6. Mengkaji buku teks pelajaran untuk siswa untuk diperkaya, dilengkapi, disesuaikan atau ditata ulang secara kontekstual, faktual dan aktual sesuai kondisi, kebutuhan, potensi, situasi, sosial ekonomi dan budaya serta karakteristik siswa, satuan pendidikan dan daerah. Buku siswa memuat rencana pembelajaran berbasis aktivitas. Didalamnya memuat urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa. Buku ini mengarahkan yang harus dilakukan siswa bersama guru untuk mencapai kompetensi tertentu, bukan buku yang materinya dibaca, diisi, atau dihafal. Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan contoh kegiatan yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam buku guru, atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  7. Menyusun RPP seperti yang sudah dijelaskan – (KLIK di SINI). Dan tambahan bahwa lampiran RPP harus terdapat: alat dan rubrik penilaian, bahan ajar, lembar kerja, dan perangkat sumber belajar.
Demikian sajian informasi mengenai Teknik Analisis Kompetensi terhadap Kurikulum untuk Merancang Pembelajaran Efektif  yang dapat disampaikan dalam kesempatan ini.

Dapatkan Juga GRATIS Untuk Anda !!!

No
Nama Perangkat
Action
1
Materi Diklat Kurikulum
2
Dokumen 1 Kurikulum
3
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
4
Silabus Tematik dan Mata Pelajaran
5
Program Tahunan dan Semester
6
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
6
Buku Guru dan Buku Siswa
7
Penilaian Hasil Belajar
DOWNLOAD
8
Buku Kerja Guru

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Artikel, Kurikulum

Thanks for reading Teknik Analisis Kompetensi terhadap Kurikulum untuk Merancang Pembelajaran Efektif. Please share...!

0 Komentar untuk "Teknik Analisis Kompetensi terhadap Kurikulum untuk Merancang Pembelajaran Efektif"

Your comment for me, please!

Back To Top
close