Memahami Konsep Merdeka Belajar dan Guru Penggerak

Memahami Konsep Merdeka Belajar dan Guru Penggerak || Istilah Merdeka Belajar dan Guru Penggerak mendadak viral setelah Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim untuk memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dirilis ke publik pada Jumat tanggal 22 Nopember 2019). Setelah upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2019, Mendikbud Nadiem memberikan penjelasan tentang konsep tersebut.

Esensi pidato tersebut ada dua sih poin yang terpenting. Yang satu, merdeka belajar, yang kedua adalah guru penggerak. Merdeka Belajar yang dimaksud adalah bahwa unit pendidikan yaitu sekolah, guru-guru dan muridnya punya kebebasan. Kebebasan untuk berinovasi, kebebasan untuk belajar dengan mandiri dan kreatif. Sedangkan Guru Penggerak diartikan sebagai guru yang mengutamakan murid dari apa pun, bahkan dari kariernya, mengutamakan murid dan pembelajaran murid. Karena itu mengambil tindakan-tindakan tanpa disuruh, diperintah, untuk melakukan yang terbaik.

Selanjutnya, pemerintah bisa membantu memerdekakan guru penggerak untuk melakukan berbagai macam inovasi. Pertama, pemerintah harus menyadari apa sih perannya dan kita membantu untuk mereka bergerak. Kedua, dari sisi regulasi dan birokrasi kita harus bantu guru.

Demikian sajian informasi mengenai Memahami Konsep Merdeka Belajar dan Guru Penggerak yang dapat disajikan pada kesempatan ini. Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Info Guru

Thanks for reading Memahami Konsep Merdeka Belajar dan Guru Penggerak. Please share...!

0 Komentar untuk "Memahami Konsep Merdeka Belajar dan Guru Penggerak"

Your comment for me, please!

Back To Top
close