Mengenal Program Beasiswa Santri Berprestasi Kementerian Agama

Mengenal Program Beasiswa Santri Berprestasi Kementerian Agama || Pendidikan nasional saat ini sedang menghadapi banyak tantangan dan permasalahan yang tidak sedikit. Berbagai kebijakan dan program telah banyak ditempuh untuk meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk dalam lingkup pendidikan Islam di Indonesia. Kebijakan pengembangan pendidikan Islam diarahkan pada tiga aspek, yaitu: perluasan akses, peningkatan mutu dan daya saing, serta tata kelola pendidikan.

Perluasan akses merupakan upaya Kementerian Agama dalam meningkatkan angka partisipasi masyarakat di dunia pendidikan. Peningkatan mutu dan daya saing juga merupakan upaya terus menerus meningkatkan kualitas pendidikan disemua jenis dan jenjang pendidikan. Sedangkan peningkatan tata kelola merupakan upaya penataan kelembagaan pendidikan Islam agar bermutu, berdaya saing dan bermanfaat bagi masyarakat.

Salah satu usaha pemerataan akses dan peningkatan mutu serta daya saing tersebut, diselenggarakannya Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kementerian Agama. Program ini merupakan upaya untuk mempercepat ketertinggalan eksistensi pondok pesantren di bidang sains dan teknologi untuk penguatan tafaqquh fiddin. Manfaat program ini diharapkan menjadi pionir pemberdayaan masyarakat (community development) di lingkungan pondok pesantren.

PBSB untuk pertama kalinya dimulai pada tahun 2005. Semula hanya bermitra dengan 2 (dua) pergurun tinggi, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Sampai dengan tahun 2019 sudah ada 14 Perguruan Tinggi dan 4 Ma’had Aly. - [cek di sini]

Indikator keberhasilan program ini adalah munculnya ekspektasi dan animo kalangan pesantren yang sangat tinggi untuk mengikuti PBSB. Program ini dapat menjaring dan memfasilitasi santri berprestasi dari keluarga kurang mampu untuk menempuh studi di perguruan tinggi ternama. Hal tersebut secara tidak langsung mampu mengubah citra pondok pesantren lebih berkualitas.

Download; 
Info Awal PBSP 2019 - [klik di sini]
Juknis Pengelolaan PBSB - [klik di sini]

Demikian sajian informasi mengenai Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kementerian Agama yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga Bermanfaat !!! ...

Labels: Pendidikan

Thanks for reading Mengenal Program Beasiswa Santri Berprestasi Kementerian Agama. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengenal Program Beasiswa Santri Berprestasi Kementerian Agama"

Your comment for me, please!

Back To Top
close