Media Sosial Google+ Resmi Ditutup

Media Sosial Google+ Resmi Ditutup || Google+ merupakan Jejaring/Media Sosial milik raksasa internet Google. Media sosial Google+ ini dirilis pada Juni 2011. Platform tersebut menjadi usaha berikutnya dari Google dalam melahirkan jejaring sosial setelah sempat meluncurkan Orkut (2004), Google Friend Connect (2008) dan Google Buzz (2010). Pada awalnya kehadiran Google+ digembor-gemborkan akan menjadi saingan berat Facebook.

Menarik perhatian kalangan tertentu, Google meluncurkan Google+ setelah ketig media sosial yang pernah diluncurkan sudah tamat riwayatnya. Orkut ditutup pada 2014. Google Friend Connect pensiun pada 2012. Sedangkan Google Buzz hanya mampu bertahan selama satu tahun.

Pada 8 Oktober 2018 lewat www.blog.google, Google secara sah mengumumkan kalau mereka akan menutup layanan media sosialnya yang bernama Google+ setelah kurang lebih selama 7 tahun dalam kondisi apa adanya. Google+ dikabarkan bakal berhenti beroperasi pada akhir Agustus 2019.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini merupakan alasan Google+ mengakhiri hidupnya:

Penggunanya sangat sedikit.
Sebagai sebuah media sosial, tentu seharusnya Google+ menjadi tempat dimana pengguna bisa melakuakan interaksi sosial. Namun, apa yang bisa dilakukan kalau pengguna di media sosial itu terlalu sedikit? Bahkan, di tahun 2014 saja dikabarkan pengguna Google+ ada sekitar 100 juta orang namun yang secara rutin menggunakan media sosial itu dan juga meng-upload konten hanya sekitar 3,5 juta orang.

Rata-rata penggunaan kurang dari dua detik.
Yang lebih mencengangkannya lagi, Google Vice President of Engineering Ben Smith menyatakan kalau setiap sesi yang berjalan di Google+ rata-rata hanya berlangsung kurang dari dua detik. Bayangkan apa yang bisa dilakukan dalam dua detik? Bisa jadi, dua detik itu terjadi karena pengguna tidak sadar kalau mereka sedang masuk ke dalam media sosial Google+.

Terdapat kebocoran data pengguna.
Penyebab utama dari ditutupnya media sosial Google+ adalah tenyata karena bocornya data. Jumlah datanya pun tidak main-main, yaitu sekitar 500ribu data pengguna. Lebih parahnya lagi, kebocoran data ini sebenarnya sudah terjadi sejak tiga tahun yang lalu yaitu sejak tahun 2015 namun Google baru mengumumkannya sekarang. Kebocoran ini memungkinkan ratusan aplikasi lainnya untuk mengakses informasi yang berada pada akun pribadi pengguna Google+.

Demikian sajian informasi mengenai Media Sosial Google+ Resmi Ditutup yang dapat disampaikan pada keseempatan ini. Semoga sajian berikut bermanfaat ...

Labels: Internet

Thanks for reading Media Sosial Google+ Resmi Ditutup. Please share...!

0 Komentar untuk "Media Sosial Google+ Resmi Ditutup"

Your comment for me, please!

Back To Top
close