Festival Sisingaan Subang 2018

Festival Sisingaan Subang 2018 || Sisingaan atau dikenal pula istilah Gotong Singa merupakan kesenian khas yang berasal dari Subang - Jawa Barat. Dalam upaya melestarikan tradisi dan mempromosikan kesenian daerah Subang, Festival Sisingaan akan kembali digelar di Kabupaten Subang pada hari Minggu tanggal 9 Desember 2018. Festival Sisingaan Subang 2018 bakal digelar mulai pukul 08.00-12.00 WIB bertempatdi Lapangan Sepakbola Pormas, Kelurahan Sukamelang Kecamatan Subang Kabupaten Subang.

Sebanyak 10 Rombongan kesenian Sisingaan, serta 2 grup Seni Badingkut dan Pumala ikut ambil bagian dalam festival ini. Kesepuluh rombongan Sisingaan tersebut adalah Bonang grup, Budaya Mekar, Wargi Mekar, Tresna Wangi dan Putra Saluyu yang digabungkan dalam Grup Singa Kaler. Kemudian grup Mekar Budaya, Setia Wargi 8, Sinar Wangi Pajajaran, Putra Jaya dan Mekar Jaya digabungkan dalam Grup Singa Kidul. 5 grup Singa Kidul bersiap di Jalan Pramuka Sukamelang. Dan 5 grup Singa Kaler bersiap di Jalan Ujung Palabuan. Masing-masing grup akan bertemu di lapangan Pormas.

Setelah bertemu, masing-masing grup Sisingaan Kidul dan Kaler membentuk formasi barisan pasukan dan di sanalah semua pertunjukan akan digelar. Festival Sisingaan akan menjadi kebanggaan, pemersatu, dan mensejahterakan. Selain menjadi pemersatu, festival ini juga menjadi kebanggaan dan mensejahterakan. Sebab banyak sekali penampilan yang mencirikan keberagaman tapi tetap satu. Ajang ini dapat mensejahterakan.

Kegiatan Festival Sisingaan Subang 2018 didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Subang karena Sisingaan merupakan seni tradisional khas kabupaten Subang yang perlu dilestarikan terutama oleh generasi muda. Plt Bupati Subang H. Ating Rusnati menyampaikan bahwa Dengan digelarnya event ini adalah salah satu bukti pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan Sisingaan sebagai atraksi seni pariwisata yang dapat mensejahterakan masyarakat. Alhamdulillah event besar ini didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Demikian sajian infomasi mengenai Festival Sisingaan Subang2018 yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga sajian berikut bermanfaat ...

Labels: Serba Subang

Thanks for reading Festival Sisingaan Subang 2018. Please share...!

0 Komentar untuk "Festival Sisingaan Subang 2018"

Your comment for me, please!

Back To Top
close