Nyata dan Bermakna

Ikrar Guru Indonesia

Ikrar Guru Indonesia || Sebagai sebuah profesi, guru merupakan pekerjaan yang menuntut profesionalitas dari insan yang mengikrarkan dirinya sebagai pendidik. Konsistensinya di bidang ini, diharapkan membawa serta jiwa dan badaniyahnya secara bersamaan. Bukan sebuah pekerjaan yang dilakukan separatis dengan berharap imbalan saja, bukan pula pengabdian buta yang harus menggadaikan waktu dan kemampuan mumpuninya dengan sukarela.

Pengertian "Ikrar", dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah janji yang bersungguh-sungguh akan melaksanakannya. Ikrar membawa konotasi yang berbentuk dedikasi, yaitu melaksanakan janji dengan penuh keberanian dan semangat untuk mencapai tujuan meski harus menghadapi resiko. Berbeda dengan Pakta yang bersifat tertulis (seperti surat pernyataan), ikrar cenderung diungkapkan melalui ucapan. Berikut ini, sebagai upaya menggugah semangat para guru dalam mendidik, berikut disajikan Ikrar Guru Indonesia.

  1. Kami Guru Indonesia, adalah insan pendidik bangsa yang beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Kami Guru Indonesia, adalah pengemban dan pelaksana cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pembela dan pengamal Pancasila yang setia pada Undang Undang Dasar 1945.
  3. Kami Guru Indonesia, bertekad bulat mewujudkan tujuan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
  4. Kami Guru Indonesia, bersatu dalam wadah organisasi perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia, membina persatuan dan kesatuan bangsa yang berwatak kekeluargaan.
  5. Kami Guru Indonesia, menjunjung tinggi Kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman tingkah laku profesi dalam pengabdian terhadap bangsa, negara serta kemanusiaan.
Lima buah Ikrar Guru Indonesia tersebut sangat tentunya. Bisa kita bayangkan apabila semua guru benar-benar benar mengimplementasikan ikrar tersebut pasti luar biasa pesatnya kemajuan dunia pendidikan kita.

Demikian sajian informasi mengenai Ikrar Guru Indonesia yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!
Labels: Pendidikan

Thanks for reading Ikrar Guru Indonesia. Please share...!

0 Komentar untuk "Ikrar Guru Indonesia"

Your comment for me, please!

Back To Top