Pengalaman Menjadi Bloger Autodidak

Pengalaman Menjadi BlogerAutodidak || Sejak tahun 2009, secara autodidak atau bermodalkan keinginan untuk bisa menyediakan informasi di internet, saya hanya mengetahui Google sebagai penyedia email dan sebagai mesin pencari informasi. Ketika memulai bertanya dengan pertanyaan “cara membuat blog” pada Google Search, saya menemukan sebuah tulisan tentang Cara Membuat Blog, ternyata tulisan tersebut mengarahkan ke penyedia blog gratis yaitu Bloger.com yang belakangan baru sadar bahwa Bloger juga milik Google.

Jadilah sebuah blog dengan nama www.ktsp-sdmi.blogspot.com yang diberi titel Kurikulum Sekolah. Blog diisi dengan konten tentang Kurikulum 2006 yang masih berlaku pada saat itu. Konten Kurikulum 2006 terdiri dari Dokumen 1, KKM, Silabus, Program Tahunan, Program Semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan format lain seputar Kurikulum 2006.

Singkat cerita sampai tahun 2012, blog tersebut banyak dibaca sampai pernah mencapai 1000 page view per hari. Akan tetapi, karena kesibukan lain, blog tersebut nyaris tidak terurus. Persoalan lain, sejak awal dibuat, blog dan postingannya tidak memperhatikan tata aturan yang disyaratkan sebagai blog yang baik berdasarkan Kebijakan Google. Sempat diusulkan untuk mendapatkan Akun Google Adsense Hosted dan kemudian ditolak. Saran perbaikan yang direkomendasikan oleh Google Adsense sangat sulit direalisasi karena postingan terlalu banyak yang perlu dibenahi, akhirnya dibiarkan begitu saja sampai sekarang.

Tahun 2011, sempat membuat blog lain, akan tetapi setelah terposting beberapa tulisan juga dibiarkan begitu saja. Blog dengan domain www.toz-sugianto.blogspot.com tersebut di akhir tahun 2017 kemudian dicoba lagi dikelola dengan dimulai menggunakan Domain Berbayar / Top Level Domain (TLD) www.tozsugianto.com. Konten utama yang diplot adalah mengenai Pendidikan terutama Pendidikan Dasar dan lebih khusus Sekolah Dasar.

Dengan mempelajari ketentuan-ketentuan pembuatan blog yang baik menurut versi Google, blog tersebut dibangun. Empat bulan pertama, saya hanya konsentrasi membuat konten yang berkualitas dengan produktivitas kurang lebih 3 (tiga) buah posting per hari. Bulan keempat, dicoba dianalisa seberapa banyak konten tersebut terindeks oleh Google. Target saya, minimal 1.000 (seribu) page view bisa diperoleh pada akhir bulan keenam.

Setelah tercapai, blog didaftarkan ke Google Adsense. Bagi saya, ini adalah akun Google Adsense Non Hosted pertama. Berselang 3 (tiga) hari masa peninjauan, akhirnya email dari Google Adsense Disetujui secara Penuh atau Full Approved dengan tampilan seperti berikut:


Puji dan syukur kepada Allah SWT, terima kasih rekan bloger yang tulisannya pernah dijadikan referensi maupun inspirasi, terima kasih Google yang telah menghubungkan rekan pemburu informasi dengan www.tozsugianto.com sehingga target page view tercapai, terima kasih rekan pembaca yang telah sudi meluangkan waktu untuk berkunjung dan membaca postingan www.tozsugianto.com. Semua telah mengantarkan saya dan www.tozsugianto.com kini menjadi mitra atau Publisher Iklan Google Adsense.

Demikian sajian informasi mengenai Pengalaman Menjadi Bloger Autodidak yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Internet

Thanks for reading Pengalaman Menjadi Bloger Autodidak. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengalaman Menjadi Bloger Autodidak"

Your comment for me, please!

Back To Top
close