Acuan Mutu dalam Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP)

Acuan Mutu dalam Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) || Implementasi sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) pada pendidikan dasar dan menengah mengacu pada standar sesuai peraturan yang berlaku. Acuan utama sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah Standar Nasional Pendidikan (SNP). SNP adalah standar minimal yang ditetapkan pemerintah dalam bidang pendidikan yang harus dipenuhi oleh satuan pendidikan dan semua pemangku kepentingan dalam mengelola dan menyelenggarakan pendidikan. Standar Nasional Pendidikan terdiri atas:
1. Standar Kompetensi Lulusan
2. Standar Isi
3. Standar Proses
4. Standar Penilaian
5. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
6. Standar Pengelolaan
7. Standar Sarana dan Prasarana
8. Standar Pembiayaan
Kedelapan standar pendidikan tersebut membentuk rangkaian input, proses, dan output. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan output dalam SNP. SKL akan mencapai skor yang tinggi apabila input terpenuhi sepenuhnya dan proses berjalan dengan baik.

Hubungan antarstandar dalam Standar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah

<< Sebelumnya;
Komponen dan Siklus Penjaminan Mutu Pendidikan - [klik di sini]

Bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang baru berdiri atau yang memiliki sumberdaya jauh dari memadai, acuan yang digunakan adalah Standar Pelayanan Minimal SPM). SPM adalah tolok ukur kinerja pelayanan pendidikan dasar dan menengah melalui jalur pendidikan formal yang diselenggarakan daerah. Satuan pendidikan yang telah atau hampir memenuhi atau melampaui standar nasional pendidikan dapat menggunakan atau menetapkan standar di atas Standar Nasional Pendidikan sebagai acuan dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di samping SNP. Standar pendidikan dasar dan menengah yang ditetapkan oleh satuan  pendidikan dapat berupa standar pendidikan bertaraf internasional dan/atau Standar Pendidikan berbasis keunggulan lokal.

Demikian sajian informasi mengenai Acuan Mutu dalam Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Dapo PMP BOS

Thanks for reading Acuan Mutu dalam Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP). Please share...!

0 Komentar untuk "Acuan Mutu dalam Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP)"

Your comment for me, please!

Back To Top
close