Memahami Komponen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB Guru)

Memahami Komponen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB Guru) || Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau PKB Guru adalah pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan guru untuk mencapai standar kompetensi profesi dan/atau meningkatkan kompetensinya di atas standar kompetensi profesinya yang sekaligus berimplikasi kepada perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru. Komponen PKB Guru mencakup tiga hal; yakni Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah, dan Karya Inovatif.

Pelaksanaan Pengembangan Diri

Pengembangan diri adalah upaya-upaya untuk meningkatkan profesionalisme diri agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan peraturan perundang- undangan agar mampu melaksanakan tugas pokok dan kewajibannya dalam pembelajaran/pembimbingan termasuk pelaksanaan tugas-tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/ madrasah. Kegiatan pengembangan diri terdiri dari diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru untuk mencapai dan/atau meningkatkan kompetensi profesi guru yang mencakup: kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesional. Info lebih lengkap tentang Pengembangan Diri - [klik di sini]

Pelaksanaan Publikasi Ilmiah

Publikasi ilmiah adalah karya tulis ilmiah yang telah dipublikasikan kepada masyarakat sebagai bentuk kontribusi guru terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah dan pengembangan dunia pendidikan secara umum. Publikasi ilmiah mencakup 3 kelompok kegiatan, yaitu:
  1. presentasi pada forum ilmiah; sebagai pemrasaran/nara sumber pada seminar, lokakarya ilmiah, koloqium atau diskusi ilmiah.
  2. publikasi ilmiah hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal.
  3. publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan dan/atau pedoman guru.
Info Lebih Lanjut tentang Publikasi Ilmiah - [klik di sini]

Pelaksanaan Karya Inovatif

Karya inovatif adalah karya yang bersifat pengembangan, modifikasi atau penemuan baru sebagai bentuk kontribusi guru terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah dan pengembangan dunia pendidikan, sains/teknologi, dan seni. Karya inovatif ini mencakup:
  1. penemuan teknologi tepat guna kategori kompleks dan/atau sederhana;
  2. penemuan/peciptaan atau pengembangan karya seni kategori kompleks dan/atau sederhana;
  3. pembuatan/pemodifikasian alat pelajaran/peraga/-praktikum kategori kompleks dan/ atau sederhana; 
  4. penyusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya pada tingkat nasional maupun provinsi.
Demikian sajian informasi mengenai Komponen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB Guru) yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Info Guru

Thanks for reading Memahami Komponen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB Guru). Please share...!

0 Komentar untuk "Memahami Komponen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB Guru)"

Your comment for me, please!

Back To Top
close