Memahami Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku Kepada Anak (Gernas Baku)

Memahami Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku Kepada Anak (Gernas Baku) || Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Ditjen PAUD dan Dikmas, menyelenggarakan program Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku atau disingkat Gernas Baku.

Gernas Baku ditujukan untuk anak usia dini dalam rangka mendukung pengembangan kemampuan literasi anak melalui peran orang tua. Gernas Baku merupakan gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di Satuan PAUD, dan di masyarakat. Melalui Gernas Baku diharapkan dapat terwujud pembiasaan baik di lingkungan keluarga yang akan mendorong tumbuhnya minat baca anak sejak dini. Selain itu, kebiasaan ini dapat mempererat hubungan emosional antara anak dengan orang tuanya.

Sasaran Gernas Baku adalah orang tua, warga sekolah dan masyarakat. Gernas Baku dapat dilakukan di berbagai tempat seperti satuan PAUD, rumah dan komunitas.

Kegiatan dilakukan dalam tiga tahapan yaitu Pra Acara Puncak, Acara Puncak dan Pasca Acara Puncak. Pra acara puncak meliputi bulan sosialisasi Gernas Baku kepada satuan PAUD dan masyarakat, bulan donasi buku untuk mendukung ketersediaan buku pada acara puncak, dan bulan parenting. Bulan parenting dilakukan pada bulan April minimal dilakukan dua kali pertemuan dengan materi buku “Menumbuhkan Minat Baca Anak”. Pada tanggal 2 Mei atau bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Mendikbud, Muhadjir Effendy diharapkan akan meresmikan Gernas Baku dan mengajak seluruh orang tua dan tenaga pendidikan anak usia dini di Indonesia untuk membacakan buku untuk anaknya.

Puncak Gernas Baku akan dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2018. Pada hari itu, seluruh orang tua membacakan buku kepada anak secara serentak di satuan PAUD seluruh Indonesia. Pada kesempatan itu, Mendikbud direncanakan akan berinteraksi langsung dengan orang tua dan pendidik PAUD melalui telekonferensi.

Pasca acara puncak akan diberikan apresiasi kepada satuan PAUD yang menyelenggarakan Gernas Baku paling sukses dengan mengirimkan portofolio online kegiatan melalui email sahabatkeluarga@kemdikbud.go.id paling lambat tanggal 10 Mei 2018. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga akan memberikan pembinaan kepada 102 satuan PAUD penerima apresiasi melalui kegiatan Bimbingan Teknis dan Penyelenggaraan Literasi Keluarga pada Satuan PAUD yang bersangkutan.

Direkomendasikan Untuk Anda;
Memahami Program Gernas Baku - [klik di sini]
Download Buku Panduan Program Gernas Baku[klik di sini]
Teks dan Video Lagu Gernas Baku[klik di sini]

Dalam mendukung suksesnya Gernas Baku telah dirancang berbagai strategi. Kerjasama dengan organisasi mitra seperti Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI), Aisyiyah, Muslimat NU dan lainnya dalam menyosialisasikan dan menggerakkan Gernas Baku pada satuan PAUD yang tergabung dalam organisasinya.

Demikian sajian informasi mengenai Memahami Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku Kepada Anak (Gernas Baku)  yang dapat disajikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Pendidikan

Thanks for reading Memahami Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku Kepada Anak (Gernas Baku). Please share...!

0 Komentar untuk "Memahami Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku Kepada Anak (Gernas Baku)"

Your comment for me, please!

Back To Top
close