Pilihan Berat; Inovasi Atau Mati

Menurut Wikipedia Indonesia kata Inovasi atau diartikan pula Reka Baru dapat diartikan sebagai proses dan/atau hasil pengembangan pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk dalam hal barang dan/atau jasa, proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan. Dapat pula disimpulkan secara kasar bahwa Inovasi merupakan upaya memperbaiki produk, barang/jasa, sistem, cara ataupun teknik dan sebagainya agarhal-hal tersebut sesuai dengan tuntutan kebutuhan masa kini serta mampu beradaptasi dengan kemungkinan perubahan masa yang akan datang atau juga berarti selalu mengikuti tuntutan hjaman. Sehubungan dengan itu untuk kehidupan nyata, beberapa tokoh politik maupun tokoh bisnis mengungkapkan pendapatnya terkait dengan inovasi yaitu jika kita tidak mengikuti jaman maka kita akan terlindas oleh jaman.

Sebagai refleksi sehubungan dengan jaman dahulu dengan zaman now, Beberapa fakta di bawah ini, suka ataupun tidak sudah lewat dalam kehidupan kita:
  1. 25 Tahun lalu Wartel (Warung Telekomunikasi) adalah bisnis yg menguntungkan, namun saat ini Wartel sudah tidak kita jumpai lagi, karena semua orang memiliki hand phone
  2. 20 tahun lalu Telepon Umum masih terbilang alat yg sangat membantu, namun saat ini yg tersisa hanya bangkainya saja.
  3. 20 tahun yang lalu, Nokia dengan symbiannya adalah raja ponsel di seluruh dunia.
  4. Fakta hari ini Symbian tinggal kenangan, dihajar oleh Black Berry.
  5. 10 thn lalu Black Berry merajai Chating di Indonesia, semua orang selalu meminta pin BB, namun sekarang sudah dilibas oleh Android dgn Whatsapp dan Line
  6. 10 tahun yang lalu Yahoo adalah raksasa dunia internet.
  7. Fakta hari ini habis terlindas oleh Google.
  8. 10 tahun yang lalu, surat kabar, majalah, dan televisi adalah media informasi paling efektif.
  9. Fakta hari ini, mereka tergerus oleh YouTube, Facebook,Twitter, Instagram, Linkedin.
  10. 10 tahun yang lalu gerai Matahari, Ramayana, Carrefour, Hypermart adalah raja dunia retail . Fakta hari ini, gerai mereka banyak tutup, tergantikan oleh Bukalapak, Tokopedia, Blibli, dll.
  11. 10 tahun yang lalu kita masih pakai kertas, survey, dll jika ingin kredit, Fakta hari ini, mereka akan segera tergerus oleh akulaku dan kredivo.
  12. 10 tahun yang lalu ojek adalah profesi yang bahkan tidak dipandang sebelah mata pun.
  13. Fakta hari ini, tukang ojek adalah S1 bahkan S2, karena sudah online.
  14. 10 tahun lalu order Taxi sangat menjengkelkan, sekarang sudah ada Grab, Uber dll
  15. 10 tahun lalu, dunia investasi hanyalah milik orang kaya, orang banyak duit.
  16. Fakta hari ini, dengan uang 100 rb rupiah pun pengamen jalanan bisa beli Reksadana saham.
  17. 10 tahun yang lalu Anda buka toko kelontong harus pakai modal besar.
  18. Fakta hari ini, hanya bermodal Smartphone Anda bisa jadi grosir dengan aplikasi Kudo.
  19. 10 tahun lalu anda pesan hotel dan ticket pesawat lewat travel agent.
  20. Fakta hari ini, ribuan travel agent berguguran tergantikan oleh Traveloka, Agoda, Pegipegi dll.
  21. 10 tahun lalu saya kesulitan mencari makanan halal jika ke luar negeri, namun sekarang begitu mudahnya mencari restorant halal dan masjid terdekat dengan applikasi Halal Trip
  22. 10 tahun lalu mencari teman lama cukup sulit terutama teman sekolah SD, SMP ataupun SMA saat ini hp sudah penuh dengan Group WA Alumni
  23. 10 tahun yang lalu, jika Anda tidak terbuka pada perubahan jaman, maka hari ini Anda adalah orang yg tergilas oleh jaman.
  24. 10 tahun lalu, masuk Talan Tol membayar dengan Uang Tunai, tapi kini Jalan Tol hanya menerima pembayaran Uang Elektronik.
  25. Tahun 2015, Bank sudah menerima Setoran Tunai melalui perangkat ATM khusus.
  26. Dalam lingkup tertentu sudah ada pembayaran seperti PayPal, BitCoin dan sejenisnya yang tidak mengenal perbankan konvensional.
  27. Sejak 2013, Pendataan Pendidikan sudah menggunakan sistem On Line.
  28. Saat ini pemerintah sudah menyediakan Buku Sekolah Elektronik.
  29. Beberapa sekolah di Indonesia ada yang sudah mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh, bahkan di luar negeri sudah berjalan Sekolah Berbasis Elektronik atau atau yang sudah diwacanakan di Indonesia dengan Istilah Sekolah Tanpa Kertas.
Sehubungan dengan hal tersebut, ketika ada sekelompok orang berpendapatbahwa sampai hari ini tidak menikuti perubahan pun hidup seolah biasa-biasa saja,percayalah 10 tahun yang akan datang Anda adalah orang orang yang TERTINGGAL karena PERUBAHAN dan INOVASI, tidak akan pernah berhenti, meski Anda berkeras untuk tidak ikut berubah.

Di Dunia ini tidak ada tempat untuk berhenti, TERUSLAH BERGERAK DAN IKUTI PERUBAHAN. Jangan pernah TERLAMBAT, nanti engkau TERGILAS. Jangan pernah BERHENTI nanti engkau bisa MATI.

Demikian sajian sajian tentang pillihan untuk INOVASI atau MATI ini disampaikan, Selamat Bergerak dan Berinovasi !!! 

Semoga Bermanfaat   !!!

Labels: Berita Umum

Thanks for reading Pilihan Berat; Inovasi Atau Mati. Please share...!

Back To Top
close