Begini Cara Mengatasi Konten Manipulasi Psikologis Terdeteksi Pada Blog

Tiba-tiba suatu hari saya mendapatkan pengalaman ketika Submit URL di Google Webmaster. Setelah saya paste URL postingan Blig lalu Submit tiba-tiba muncul gambar berikut :


Owh ... Submit saya Ditolak, itu saja. Karena sangat awam, saya hanya mengira bahwa ini mungkin terlalu banyak, karena hari itu saya posting 5 Tulisan di Blog dan sudah Submit 4 Tulisan. Kalau ini yang ke-5 mungkin hari berikutnya bisa.

Tidak lama berselang, saya terima email, karena saya lihat dari Google Console Team, langsung dibuka dan ternyata isinya mengabarkan : Konten manipulasi psikologis terdeteksi di http://www.tozsugianto[.]com/ seperti berikut:



Terus terang, saya awam dengan kejadian ini. Karena tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajari ini saya abaikan sementara. Setelah berkonsultasi dengan teman yang lebih paham tentang Blog. Saya disarankan untuk mempelajari dengan teliti informasi apa yang disampaikan dalam pemberitahuan itu. Akhirnya saya terkonsentrasi pada informasi awal dari isi email tersebut, situs Anda mungkin telah diretas atau menyertakan sumber daya pihak ketiga seperti iklan yang dirancang untuk menipu pengguna agar memasang perangkat lunak berbahaya atau memberikan informasi sensitif seperti ini:


Kemudian saya pelajari sedikit panduan yang diberikan pada bagian bawah, dengan harap-harap cemas karena baru pertama kali. Saya coba ikuti :


Setelah itu saya ikuti langkah yang ke 2 dalam informasi tersebut untuk melakukan tindakan pembersihan terhadap hal tersebut.


Sebelumnya saya coba buka blog saya www.tozsugianto.com ternyata muncul Iklan Pop Up seperti berikut:

Hal seperti ini jika oleh pemula dalam menjelajahi internet di Browser kemungkinan besar akan diKLIK walaupun sebetulnya ada tombol CLOSE di tempat yang sangat tersembunya. Ini mungkin yang menjadi PENYAKIT sehingga saya terima informasi Konten manipulasi psikologis terdeteksi di http://www.tozsugianto[.]com/

Setelah dicari di HTML dan di Widget, ternyata ada 4 widget yang berisi HTML / Java Script yang mengandung konten iklan. Tidak ragu lagi 4 Widget itu langsung saya HAPUS. Dengan begitu yakin saya langsung ikuti langkah 4, karena langkah 3 tidak saya kuasai serta tidak terlalu berpengaruh karena sifatnya antisipasi pengemanan ke depan.


Setelah langkah 4 dipilih, saya diarahkan ke tab baru dan muncul tampilan yang seharusnya dilakukan seperti berikut :

Saya ikuti langkah seperti panah 1 kemudian klik kotak merah bertuliskan MEMINTA TINJAUAN. Setelah itu ikuti perintah; pertama isi kolom Pernyataan, kemudian Kirim Tinjauan. Terakhir, saya harus menunggu selama 3 X 24 Jam untuk pemulihan.

Demikian pengalaman saya ketika saya mendapatkan informasi bahwa Konten manipulasi psikologis terdeteksi di http://www.tozsugianto[.]com/ sehingga tulisan yang berjudul Begini Cara Mengatasi Konten Manipulasi Psikologis Terdeteksi Pada Blog ini saya buat.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Internet

Thanks for reading Begini Cara Mengatasi Konten Manipulasi Psikologis Terdeteksi Pada Blog. Please share...!

Back To Top
close