-->

Mengenal 5 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih menjadi pilihan pavorit bagi banyak kalangan untuk melanjutkan ke Pendidikan Tinggi. Namun keterbatasan daya tampung yang tersedia menjadikan pintu masuk ke Perguruan Tinggi Negeri menjadi sangat selektif. Untuk hal tersebut berikut akan disajikan informasi mengenai 5 Jalur Ujian atau Jalur Seleksi atau Jalur Masuk ke Perguruan Tinggi.

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan TInggi Negeri)

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki Perguruan Tinggi Negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, selain seleksi mandiri (melalui Ujian Mandiri) serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). SNMPTN diselenggarakan pertama kali oleh Ditjen Dikti tahun 2008 atas jawaban terhadap kisruh yang terjadi di forum rektor PTN se-Indonesia terkait penyelenggaraan SPMB oleh Perhimpunan SPMB Nusantara, yang dianggap tidak sesuai dengan pola keuangan PTN non-BHM.

Pada awalnya, SNMPTN terdiri dari dua jalur yaitu SNMPTN undangan (seperti PMDK) melalui nilai rapot dan SNMPTN tulis melalui ujian tulis. Pada tahun 2013, SNMPTN tulis diubah nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). dan SNMPTN Undangan kemudian berganti nama menjadi SNMPTN (tidak pakai undangan) dengan kriteria seleksi penerimaan berdasarkan nilai rapot, nilai Ujian Nasional, dan prestasi akademis lainnya.

Informasi mengenai SNPTN dapat dilihat di website resminya yaitu www.snmptn.ac.id

PMDK-PN (Penelusuruan Minat dan Kemampuan-Politeknik Negeri)

Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri atau PMDK PN adalah seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Sekilas PMDK PN mirip dengan SNMPTN bagi Perguruan Tinggi Negeri namun khusus untuk Politeknik Negeri.

Tahun 2014 merupakan tahun pertama pelaksanaan PMDK PN. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dipercaya untuk menjadi tim pusat dalam pemangunan sistem ini. Mulai dari penyedia layanan (host), pembuat aplikasi, hingga menjadi server untuk PMDK Politeknik se-Indonesia untuk pertama kalinya ini.

Pada tanggal 28 Desember 2013 di di Hotel Swiss Belinn Surabaya dilakukan Koordinasi Direktur Politeknik Seluruh Indonesia dalam rangka diskusi mengenai program PMDK PN. Selanjunya pada. Sabtu 25 Januari 2014 dilaksanakan Rapat Koordinasi tim IT PMDK PN seluruh Indonesia di kampus PENS. Pada tahun pelaksanaan pertama kali ini, setidaknya sebanyak 38 Politeknik Negeri telah mengikuti PMDK PN ini.

Informasi mengenai PMDK PN dapat dilihat di website resminya yaitu www.pmdk.politeknik.or.id

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Pada tahun 2013, SNMPTN tulis diubah nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, perguruan tinggi negeri, maupun kepentingan nasional. Bagi calon mahasiswa, ujian tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel karena adanya mekanisme lintas wilayah.

Informasi mengenai SNPTN dapat dilihat di website resminya yaitu www.sbmptn.ac.id


UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri)

UMPN merupakan pola penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri di seluruh Indonesia melalui ujian tulis. Jalur ini dapat diikuti oleh siswa dan siswi SMA/dan atau sederajat yang tengah duduk di bangku akhir ataupun tamatan sebelumnya sesuai batas tahun kelulusan yang dipersyaratkan oleh Politeknik bersangkutan.

Pendaftaran untuk jalur ini adalah pada situs resmi dari setiap Politeknik Negeri sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh masing-masing politeknik tersebut. Namun lazimnya dilangsungkan setelah pengumuman hasil Ujian Nasional atau dengan kata lain pada kisaran Mei hingga Juni. Materi ujian maupun biaya pendaftarannya juga didasarkan pada kebijakan masing-masing politeknik.

Seleksi / Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Seleksi Mandiri atau Ujian Mandiri PTN diserahkan kepada masing-masing perguruan tinggi bersangkutan dengan kuota maksimum adalah 30% dari total calon mahasiswa yang diterima pada angkatan tersebut. Sebab untuk SNMPTN dan SBMPTN memang diwajibkan minimal mengambil masing-masing 30% dari total calon mahasiswa keseluruhan.

Jadwal pendaftaran, besaran biaya pendaftaran dan mekanisme seleksinya juga tergantung pada ketetapan di institusi tersebut. Ada yang menggunakan ujian tulis dan ada pula yang menggunakan nilai rapor dan Ujian Nasional (UN) bahkan skor pada SBMPTN. Bahkan juga ada yang menawarkan jalur khusus seperti Jalur Prestasi ataupun Jalur Dual Degree (Gelar Ganda).

Demikian sajian informasi mengenai  5 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dapat disajikan dalam kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Pendidikan

Thanks for reading Mengenal 5 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengenal 5 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri"

Your comment for me, please!

Back To Top
close