Info Penutupan Facebook per 20 April 2018

Masyarakat Indonesia pengguna Facebook  sampai sekarang masih masih banyak yang kebingungan atas ketidakjelasan informasi perihal nasib Facebook di Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menegaskan bahwa pihaknya tidak akan menutup Facebook secara permanen, melainkan hanya memblokir sementara. Itu pun bila situasi makin memburuk. Memburuk dalam artian Sistem Keamanan Data dan Pembiaran Facebook terhadap akun-akun yang membahayakan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Fokus kominfo adalah memantau Facebook agar tercipta keamanan data dan mencegah penyebaran ujaran kebencian. Akan tetapi DPR RI meminta agar Kominfo lebih tegas terhadap Facebook.

Fakta yang sebenarnya menurut para Analis Teknologi Informasi (percaya atau tidak percaya), seperti berikut: Masalah Facebook dimulai dari kontroversi skandal Cambridge Analytica yang menuding data Facebook bocor. Setelah ditelisik, ternyata "bocor" bukan istilah yang tepat. Data-data tersebut bukan bocor, tapi tepatnya disalahgunakan oleh Cambridge Analytica, diduga untuk kepentingan politik. Data-data yang diambil juga bukan isi pesan, melainkan data-data yang dicantumkan secara publik di profil seseorang oleh pemilik akun yang bersangkutan.

Akan tetapi, sangat disayangkan pada akhirnya telanjur ada pemahaman yang simpang-siur mengenai hal ini, sampai-sampai DPR ikut memanggil Facebook untuk meminta penjelasan. Pihak Kemkominfo sudah mengirimkan Surat Peringatan (SP) 2 terhadap Facebook, tapi belum ada informasi mengenai Surat Peringatan (SP) 3 yang berarti PENUTUPAN.

Kabarnya, Kemkominfo mengaku sudah mendapatkan penjelasan dari kantor Facebook Irlandia yang mengurus Facebook di Indonesia. Dalam keterangan Facebook Irlandia kepada Menkominfo Rudiantara, mereka memberikan keterangan angka terkait penyalahgunaan data yang menimpa pengguna. Menkominfo Rudiantara pun terus memantau perkembangan data pengguna Indonesia di Facebook.

Kesimpulannya, sampai dengan 20 April 2018 BELUM ADA KEPASTIAN apakah Facebook Indonesia DITUTUP atau TIDAK DITUTUP.

Demikian sajian informasi yang dapat disampaikan mengenai Info Penutupan Facebook per 20 April 2018 yang disajikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Internet

Thanks for reading Info Penutupan Facebook per 20 April 2018. Please share...!

0 Komentar untuk "Info Penutupan Facebook per 20 April 2018"

Your comment for me, please!

Back To Top
close