Memahami Pengertian Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah bentuk otonomi manajemen pendidikan pada satuan pendidikan, yang dalam hal ini kepala sekolah dan guru dibantu oleh komite sekolah dalam mengelola kegiatan pendidikan [Penjelasan Pasal 51 Ayat (1) UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional]. Esensi MBS adalah pemberian otonomi sekolah dalam rangka peningkatan mutu sekolah. Otonomi sekolah juga dapat diartikan sebagai pemberian kewenangan yang lebih mandiri pada sekolah yang mengandung makna swakarsa, swakarya, swadana, swakelola, dan swasembada.

MBS dapat didefinisikan sebagai pengelolaan sumberdaya yang dilakukan secara mandiri oleh sekolah, dengan mengikutsertakan semua kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah dalam pengambilan keputusan, untuk mencapai tujuan peningkatan mutu sekolah. Unsur-unsur penting yang terkandung dalam definisi MBS meliputi :
  1. Pengelolaan dimaknai dari dua sudut pandang yakni proses dan komponen/bidang/bidang manajemen sekolah. Sebagai proses, manajemen sekolah berbentuk sistem yang komponen/bidang/bidangnya meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Ditinjau dari komponen/bidang/bidang nya, manajemen sekolah meliputi : (1) kurikulum dan pembelajaran, (2) peserta didik, (3) pendidik dan tenaga kependidikan, (4) pembiayaan, (5) sarana dan prasarana, (6) hubungan sekolah dan masyarakat, dan (7) budaya dan lingkungan sekolah;
  2. Sumber daya sekolah meliputi manusia, dana, sarana dan prasarana;
  3. Strategi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, antara lain PAKEM;
  4. Implementasi budaya dan lingkungan sekolah yang kondusif;
  5. Peran serta masyarakat;
  6. Pencapaian tujuan peningkatan mutu sekolah.
Bacaan Selanjutnya;

Demikian sajian informasi singkat mengenai Memahami Pengertian Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Pendidikan

Thanks for reading Memahami Pengertian Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Please share...!

0 Komentar untuk "Memahami Pengertian Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)"

Your comment for me, please!

Back To Top
close