Mengenal "23 April" Sebagai Hari Buku Sedunia / Internasional

Hari ini, ketika Tulisan ini dimuat, 23 April 2018 yang ditetapkan sebagai Hari Buku Internasional. Hari Buku, demikian 23 April ini ditetapkan, memang tidak sepopuler Hari Valentine. Hal ini disebabkan karena Buku belum menjadi Bagian Hidup dari kebanyakan orang di dunia ini, apalagi di Indonesia. Berikut disajikan kisah singkat tentang Hari Buku Sedunia atau Hari Buku Internasional.


Hari Buku Sedunia, dikenal pula dengan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia dan Hari Buku Internasional, merupakan hari perayaan tahunan yang jatuh pada tanggal 23 April yang diadakan oleh UNESCO untuk mempromosikan peran membaca, penerbitan, dan hak cipta. Di Inggris, hari perayaan ini jatuh pada hari Kamis pertama setiap bulan Maret. Hari Buku Sedunia dirayakan pertama sekali pada tanggal 23 April 1995.

Hubungan antara 23 April dengan buku pertama sekali dibuat oleh toko buku di Catalonia, Spanyol pada tahun 1923. Ide awalnya berasal dari penulis Valencia, Vicente Clavel Andrés sebagai cara untuk menghargai penulis Miguel de Cervantes yang meninggal pada tanggal tersebut. Pada tahun 1995, UNESCO memutuskan Hari Buku Sedunia dan Hari Hak Cipta Sedunia dirayakan pada tanggal 23 April, sebab tanggal tersebut juga merupakan hari kematian William Shakespeare dan Inca Garcilaso de la Vega serta hari lahir atau kematian beberapa penulis terkenal lain.

Di Indonesia, Hari Buku Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2006 dengan prakarsa Forum Indonesia Membaca yang didukung oleh berbagai pihak, yakni pemerintah, dunia usaha, akademisi, komunitas dan masyarakat umum.

Selanjutnya, secara pribadi penulis bergembira bahwa di indonesia sudah ada Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang mudah-mudahan lambat laun membawa masyarakat Indonesia menjadi Masyarakat Sadar Buku dan Masyarakat Pembelajar.

Demikian sajian informasi mengenai Mengenal  "23 April" Sebagai Hari Buku Sedunia/Internasional yang dapat disajikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Peristiwa Tanggal, Sejarah

Thanks for reading Mengenal "23 April" Sebagai Hari Buku Sedunia / Internasional. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengenal "23 April" Sebagai Hari Buku Sedunia / Internasional"

Your comment for me, please!

Back To Top
close