Mengenal RPP 1 Lembar/Halaman dan Contohnya

Mengenal RPP 1 Lembar / Halaman dan Contohnya  || Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, menetapkan empat program pokok kebijakan pendidikan Merdeka Belajar. Program tersebut meliputi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi. Empat program pokok kebijakan pendidikan tersebut akan menjadi arah pembelajaran kedepan yang fokus pada arahan Presiden dan Wakil Presiden dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.


Salah satu kebijakan pendidikan Merdeka belajar adalah menyederhanakan Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) supaya pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi guru tidak menjadi hal yang memberatkan sebelum melaksanakan pembelajaran. Secara lebih ringkas Mendikbud mengatakan bahwa RPP cukup 1 lembar saja. Berikut ringkasan kajian Mendikbud mengenai penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Contoh RPP 1 Lembar / Halaman.

Kondisi Saat Ini:

  1. Guru diarahkan untuk mengikuti format RPP secara kaku.
  2. RPP memiliki terlalu banyak komponen dan guru diminta untuk menulis dengan sangat rinci (satu dokumen RPP bisa mencapai lebih dari 20 halaman).
  3. Penulisan RPP menghabiskan banyak waktu guru yang seharusnya bisa digunakan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Arah Kebijakan Baru:

  1. Guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP.
  2. RPP terdiri dari 3 komponen inti (komponen lainnya bersifat pelengkap dan dapat dipilih secara mandiri) yaitu: (1) Tujuan Pembelajaran, (2) Kegiatan Pembelajaran dan (3) Asesmen.
  3. RPP cukup 1 lembar / Halaman.
  4. Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Berikut Contoh RPP 1 Lembar / Halaman

Demikian sajian informasi mengenai RPP 1 Lembar / Halaman dan Contohnya  yang dapat disajikan pada kesempatan ini. Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Kurikulum, Pendidikan

Thanks for reading Mengenal RPP 1 Lembar/Halaman dan Contohnya . Please share...!

0 Komentar untuk "Mengenal RPP 1 Lembar/Halaman dan Contohnya "

Your comment for me, please!

Back To Top
close