Karakteristik Pendidikan Inklusi

Karakteristik Pendidikan Inklusi || Karakteristik dalam pendidikan inklusi tergabung dalam beberapa hal seperti hubungan, kemampuan, pengaturan tempat duduk, materi belajar, sumber dan evaluasi atau penilaian. Karakteristik Pendidikan Inklusi terkait hal-hal tadi dapat dijelaskan sebagai berikut:
  1. Hubungan; Ramah dan hangat, contoh untuk anak tuna rungu, guru selalu berada di dekatnya dengan wajah terarah pada anak dan tersenyum. Pendamping kelas( orang tua ) memuji anak tuna rungu dan membantu lainnya.
  2. Kemampuan; Guru, peserta didik dengan latar belakang dan kemampuan yang berbeda serta orang tua sebagai pendamping.
  3. Pengaturan tempat duduk; Pengaturan tempat duduk yang bervariasi seperti, duduk berkelompok di lantai membentuk lingkaran atau duduk di bangku bersama-sama sehingga mereka dapat melihat satu sama lain.
  4. Materi belajar; erbagai bahan yang bervariasi untuk semua mata pelajaran, contoh pembelajarn matematika disampaikan melalui kegiatan yang lebih menarik, menantang dan menyenangkan melalui bermain peran menggunakan poster dan wayang untuk pelajaran bahasa.
  5. Sumber belajar; Guru menyusun rencana harian dengan melibatkan anak, contoh meminta anak membawa media belajar yang murah dan mudah didapat ke dalam kelas untuk dimanfaatkan dalam pelajaran tertentu.
  6. Evaluasi; Penilaian, observasi, portofolio yakni karya anak dalam kurun waktu tertentu dikumpulkan dan dinilai. Dalam pendidikan inklusi terdapat siswa normal dan berkebutuhan khusus, dalam rangka untuk menciptakan manusia yang berkembang seutuhnya maka diperlukan adanya pembinaan peserta didik, melalui pembinaan ini maka diharapkan peserta didik mampu berkembang dan memiliki keterampilan secara optimal.
Demikian sajian informasi mengenai Karakeristik Pendidikan Inklusi yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Inklusi

Thanks for reading Karakteristik Pendidikan Inklusi. Please share...!

0 Komentar untuk "Karakteristik Pendidikan Inklusi"

Your comment for me, please!

Back To Top
close