Tanda Pangkat POLRI

Tanda Pangkat POLRI  || Kepolisian Negara Republik Indonesia atau POLRI merupakan institusi Kepolisian di Indonesia yang bertugas menjaga keamanan, memberi perlindungan dan menegakkan hukum di seluruh wilayah Indonesia. Terdapat struktur tingkatan pangkat polisi untuk memudahkan rantai komando dalam institusi kepolisian.

Jaman Orde Lama dan Orde Baru, POLRI merupakan salah satu matra dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Urutan Kepangkatan dan Tanda Pangkat Polisi dipersamakan dengan Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

Mulai tahun 2001, sejak POLRI terpisah dari ABRI. Istilah ABRI diganti jadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian menjadi Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI). Kemudian melalui Keputusan Kapolri pada tanggal 3 Oktober 2000 pangkat polisi menggunakan istilah pangkat dan tanda kepangkatan tersendiri. Berikut Tanda Pangkat Polisi dalam struktur Kepangkatan Polisi di Indonesia dari pangkat terrendah sampai dengan pangkat tertinggi.

Tanda Pangkat Perwira


Tanda Pangkat Bintara


Tanda Pangkat Tamtama


Demikian sajian informasi mengenai Tanda Pangkat POLRI yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga sajian berikut bermanfaat !!! ...

Labels: TNI POL

Thanks for reading Tanda Pangkat POLRI. Please share...!

0 Komentar untuk "Tanda Pangkat POLRI"

Your comment for me, please!

Back To Top
close