Hasil / Rekomendasi Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2019

Hasil / Rekomendasi Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2019 || Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2019 yang telah berlangsung 11-13 Februari 2019 telah berakhir. RNPK tersebut menghasilkan sejumlah rekomendasi pembangunan bidang pendidikan dan kebudayaan. Adapun sejumlah rekomendasi RNPK 2019 adalah sebagai berikut:

Kelompok I - lebih lengkap [klik disini] - dengan topik Penataan dan Pengangkatan Guru, mengenai redistribusi guru dilakukan berdasarkan sistem zonasi pendidikan, dengan mempertimbangkan kondisi geografis setiap daerah; pembukaan formasi CPNS untuk guru secara periodik setiap tahun sesuai dengan peta kebutuhan guru di sekolah dan daerah, pengangkatan guru sesuai dengan kualifikasi akademik dan sertifikat pendidik dan lainnya.

Kelompok II - lebih lengkap [klik disini] - dengan topik sistem zonasi pendidikan merekomendasikan perlunya pemahaman tujuan dan strategi yang sama tentang tata kelola pendidikan berbasis zonasi antara Pemerintah Pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat; perlunya kesepakatan bersama antara Kemendikbud, Kemenag dan Kemendagri dalam penataan zonasi, dan lainnya.

Kelompok III - lebih lengkap [klik disini] - dengan topik Revitalisasi Vokasi antara lain penuntasan kekurangan lisensi untuk skema sesuai kompetensi keahlian pada 840 LSP-P1 SMK terlisensi oleh BNSP pada tahun 2019 dan penambahan 360 LSP-P1 SMK terlisensi baru oleh BNSP, harmonisasi sistem sertifikasi BNSP dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri atau DUDI untuk pengakuan sertifikasi, harmonisasi sistem sertifikasi antara SMK, SMA-LB, Paket C Vokasi, serta lembaga kursus dan pelatihan.

Kelompok IV - lebih lengkap [klik disini] - dengan topik Pemajuan Kebudayaan antara lain pemerintah dan pemerintah provinsi/kabupaten/kota segera menerbitkan regulasi turunan dari UU No. 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan UU No. 5 Tahun 2017, mengonsolidasikan program pembangunan di bidang kebudayaan lintas kementerian/lembaga dan pemerintah daerah sebagai regulator dan fasilitator; dan memperkuat pelibatan publik dalam pelaksanaan pemajuan kebudayaan melalui dewan kesenian, dewan kebudayaan, majelis adat, komunitas, dan masyarakat lainnya dengan memanfaatkan ruang-ruang publik.

Kelompok V - lebih lengkap [klik disini] - dengan topik Penguatan Sistem Perbukuan dan Gerakan Literasi antara lain merekomendasikan penyediaan buku bermutu, murah, dan merata di seluruh Indonesia, terutama di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) dengan berbagai strategi dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan; peningkatan peran pemerintah daerah dalam menjamin ketersedian buku bermutu, murah, dan merata di daerahnya; penguatan sepuluh 10 unsur pelaku perbukuan untuk mengoptimalkan ekosistem perbukuan dan lainnya.

Silahkan Baca Juga:
  1. Rekomendasi Kelompok I – [klik di sini]
  2. Rekomendasi Kelompok II – [klik di sini]
  3. Rekomendasi Kelompok III – [klik di sini]
  4. Rekomendasi Kelompok IV – [klik di sini]
  5. Rekomendasi Kelompok V – [klik di sini]
Demikian sajian informasi mengenai Hasil/Rekomendasi RNPK 2019 yang dapat disajikan pada kesempatan ini. Silahkan baca juga informasi penting lainnya pada link/tautan di bawah ini ...


Labels: Pendidikan

Thanks for reading Hasil / Rekomendasi Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2019. Please share...!

0 Komentar untuk "Hasil / Rekomendasi Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2019"

Your comment for me, please!

Back To Top
close