USBN SD 2018; 3 Mapel dan 10% Soal Esai

Ujian Sekolah / Madrasah (US/M) Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah (SD / MI) yang selama ini dikenal pada ujian akhir tingkat Sekolah Dasar dan/atau Madrasah Ibtidaiyah kini di tahun 2018 diganti dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional tingkat Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah USBN SD/MI. USBN SD/MI 2018 ini sempat diwacanakan untuk seluruh Mata Pelajaran, akan tetapi mungkin karena persiapannya terlalu pendek, akhirnya tetap diberlakukan terhadap 3 Mata Pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Hal lain yang berbeda dalam USBN SD/MI 2018 antara lain adalah:

  1. Sebanyak 90% Soal berbentuk Pilihan Ganda dan 10% Soal dalam bentuk Esai pada setiap Mata Pelajaran.
  2. Sebanyak 75-80 persen dari total soal untuk USBN SD akan disiapkan langsung oleh guru mata pelajaran pada satuan pendidikan dan dikonsolidasikan dengan Kelompok Kerja Guru (KKG). Sisanya sekitar 20-25 persen soal akan disiapkan oleh Pusat sebagai anchor (soal yang disusun mewakili kelompok kompetensi pelajaran).
  3. Naskah soal untuk mata pelajaran lainnya seperti pendidikan agama, PPKn, ilmu pengetahuan sosial (IPS), seni budaya dan keterampilan, serta penjaskes dan olahraga 100 persen disiapkan oleh sekolah.

Demikian sajian informasi tentang USBN SD 2018; 3 Mapel dan 10% Soal Esai. Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Pendidikan

Thanks for reading USBN SD 2018; 3 Mapel dan 10% Soal Esai. Please share...!

Back To Top
close