Menyusun Program Tahunan dan Program Semester Kuriulum Sekolah

Menyusun Program Tahunan dan Program Semester Kuriulum Sekolah || Menjelang akhir Tahun Pelajaran maupun akhir semester guru diharuskan membuat perencanaan pembelajaran untuk tahun pelajaran maupun semester berikutnya. Salah satu jenis perencanaan yang harus dibuat adalah Program Tahunan dan Program Semester.

Program Tahunan (Prota) merupakan rencana penetapan alokasi waktu satu tahun pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang ada dalam kurikulum. Prota perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum Tahun Pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya yakni Program Semester (prosem), Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Langkah-langkah dalam merancang Program Tahunan adalah sebagai berikut:
  1. Menelaah jumlah KD atau tema dan subtema pada suatu kelas.
  2. Menghitung jumlah Minggu Belajar Efektif (MBE) dalam satu tahun.
  3. Mendistribusikan alokasi waktu Minggu Belajar Efektif (MBE) ke dalam KD atau subtema
Sementara itu, langkah-langkah menyusun Program Semester adalah sebagai berikut:
  1. Menelaah kalender pendidikan dan ciri khas satuan pendidikan berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
  2. Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu pembelajaran efektif, dan waktu pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari libur meliputi: a) Jeda tengah semester, b) Jeda antar semester, c) Libur akhir Tahun Pelajaran, d) Hari libur keagamaan, e) Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan f) Hari libur khusus
  3. Menghitung jumlah Hari Belajar Efektif (HBE) dan Jam Belajar Efektif (JBE) setiap bulan dan semester dalam satu tahun.
  4. Mendistribusikan alokasi waktu yang disediakan untuk suatu subtema serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta analisis materi.
Dalam menyusun Program Tahunan maupun Program Semester terdapat komponen-komponen minimal yang harus ada, yaitu Identitas dan Format Isian. 

Komponen dalam Program Tahunan meliputi :
  • Identitas (kelas, muatan pelajaran, tahun pelajaran)
  • Format isian ( KD atau tema, sub tema, dan alokasi waktu).
Sementara itu, Program Semester berisikan:
  • Identitas (satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, tahun pelajaran).
  • Format isian (tema, sub tema, pembelajaran ke alokasi waktu, dan bulan yang terinci per minggu, dan keterangan yang diisi pelaksanaan pembelajaran berlangsung).
Demikian sajian informasi mengenai Menyusun Program Tahunan dan Program Semester Kuriulum Sekolah yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Info Guru, Kurikulum

Thanks for reading Menyusun Program Tahunan dan Program Semester Kuriulum Sekolah. Please share...!

0 Komentar untuk "Menyusun Program Tahunan dan Program Semester Kuriulum Sekolah"

Your comment for me, please!

Back To Top
close