-->

Memahami AKSI Sebagai Sistem Penilaian Pendidikan - 2

Memahami AKSI Sebagai Sistem Penilaian Pendidikan - 2 || Pada tahun 2017, Direktorat Pembinaan SMP dan Pusat Penilaian Pendidikan bekerjasama melakukan survei nasional yang disebut Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI). Berikut ini disajikan ulasan mengenai Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia yang kemudian disebut AKSI for School atau AKSI untuk Sekolah.

Bahasan Sebelumnya;
Pengertian AKSI for School – [klik di sini]

Tujuan AKSI for School

Buat apa sih sebenarnya AKSI For School? Tujuan pemanfaatan Asesmen Komptensi Siswa Indonesia (AKSI) for School adalah untuk Meningkatkan pemehaman guru mengenai asesmen tingkat kelas dan fungsinya bagi umpan balik pembelajaran dan untuk Memberikan pemahaman substansi topik-topik yang mencakup pada AKSI for School. 

Topik matematika meliputi : (1) pola bilangan, (2) persamaan dan rumus, (3) bentuk aljabar, (4) bilangan cacah dan bilangan bulat, (5) peluang, (6) interpretasi data, (7) pengaturan dan representasi data, (8) pengukuran, (9) bentuk-bentuk geometris, (10) lokasi, pergerakan, dan spasial, (11) rasio, proporsi dan persentase, (12) pecahan dan desimal.

Topik IPA meliputi : (1) gaya dan gerak, (2) perubahan pada lingkungan, (3) perkembangan dan siklus hidup orga, (4) keanekaragaman, adaptasi dan seleksi, (5) ekosistem, (6) struktur, fungsi dan proses organisme, (7) karakteristik dan klasifikasi makhluk hidup, (8) jenis, sumber dan konversi energi, (9) panas dan suhu, (10) kesehatan manusia, (11) cahaya dan optik, (12) listrik dna magnet, serta (13) wujud benda dan perubahan fisika.

Topik Bahasa Indonesia meliputi (1) eksposisi, (2) eksplanasi, (3) narasi, (4) deskripsi, (5) teks laporan, (6) teks prosedur

Ruang Lingkup AKSI for School meliputi :
  1. Modul aplikasi AKSI for School
  2. Subtansi matematika
  3. Subtansi IPA
  4. Subtansi Bahasa Indonesia
Bahasan Selanjutnya;
Pengertian AKSI for School – [klik di sini]
AKSI Diwacanakan Pengganti UN - [klik di sini]

Demikian sajian informasi mengenai; Memahami AKSI Sebagai Sistem Penilaian Pendidikan - 2 yang dapat disajikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat !!!

Labels: Pendidikan

Thanks for reading Memahami AKSI Sebagai Sistem Penilaian Pendidikan - 2. Please share...!

0 Komentar untuk "Memahami AKSI Sebagai Sistem Penilaian Pendidikan - 2"

Your comment for me, please!

Back To Top
close