-->

Inilah Kurikulum Mitigasi Bencana SD SMP SMA SMK

Inilah Kurikulum Mitigasi Bencana SD SMP SMA SMK || Sebagai negara kepulauan dan berada di daerah rawan gempa, perubahan alam akibat pembangunan yang tidakterkendali, serta dipenuhi puluhan gunung berapi, sungguh bahwa Indonesia merupakan negara dalam ancaman bencana. Menyikapi kondisi tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberikan dasar-dasar keterampilan hidup atau basic life skills kepada siswa, salah satunya mengenai pendidikan mitigasi bencana.

Selain pendidikan mitigasi bencana, ada lima paket modul yang sudah disiapkan Kemendikbud, yakni modul tentang bahaya narkoba, menangkal radikalisme, kesadaran hukum berlalu lintas, pendidikan antikorupsi, dan pendidikan mitigasi bencana.

Ditegaskan oleh Mendikbud bahwa pendidikan mitigasi bencana yang dimasukkan ke dalam kurikulum tidak akan berupa mata pelajaran khusus melainkan akan dilebur ke dalam kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah. Secara teknis, pendidikan mitigasi bencana diintegrasikan dalam kegiatan belajar mengajar tanpa melalui mata pelajaran khusus.

Untuk dapat mengimplementasikan pendidikan mitigasi bencana dibutuh keterlibatan semua pihak, baik sekolah, orang tua, masyarakat, maupun kementerian/lembaga lain. Sebelumnya Kemendikbud sudah bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam penyusunan modul dan pemberian pelatihan kecakapan hidup.Sekolah atau guru juga harus ada kerja sama dengan BNPB. Jadi sebenarnya cukup beberapa kali pertemuan.

Salah satu modul yang sudah disiapkan Kemendikbud melalui Sekretariat Nasional Satuan Pendidikan Aman Bencana (Seknas SPAB) dan bekerja sama dengan BNPB adalah Modul “Pendidikan Tangguh Bencana: Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana di Indonesia”.

Silahan DOWNLOAD:
  1. Modul Pendidikan Tangguh Bencana - [klik di sini]
  2. Kurikulum Mitigasi Bencana SD/MI - [klik di sini]
  3. Kurikulum Mitigasi Bencana SMP/MTs - [klik di sini]
  4. Kurikulum Mitigasi Bencana SMA/SMK/MA - [klik di sini]
Demikian sajian informasi mengenai Kurikulum Mitigasi Bencana SD SMP SMA SMK yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga sajian berikut bermanfaat ...

Labels: Kurikulum, Pendidikan

Thanks for reading Inilah Kurikulum Mitigasi Bencana SD SMP SMA SMK. Please share...!

0 Komentar untuk "Inilah Kurikulum Mitigasi Bencana SD SMP SMA SMK"

Your comment for me, please!

Back To Top
close