-->

Mengenal Portal Rumah Belajar Kemdikbud

Mengenal Portal Rumah Belajar Kemdikbud || Portal Rumah Belajar Kemdikbud merupakan portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan alamat url http://belajar.kemdikbud.go.id, portal ini menyediakan berbagai bahan belajar serta fasilitas komunikasi dan interaksi antar komunitas pendidikan, juga berisi bahan belajar untuk Guru, bahan belajar siswa, wahana aktivitas komunitas/forum, bank soal dan katalog media pembelajaran. Rumah Belajar ditujukan untuk siswa, guru, dan masyarakat luas, siapapun yang mau belajar. Portal belajar diharapkan menjadi milik komunitas, dengan pengisian konten dan aktivitas dari dan untuk komunitas belajar. Sedangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dalam hal ini Pusat Teknologi dan Komunikasi (Pustekkom) sebagai inisiator, fasilitator dan regulator.

Layanan Rumah Belajar Kemdikbud hadir diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan siswa dan guru di sekolah. Selain menyediakan berbagai materi pengetahuan tingkat SD, SMP dan SMA  juga memberikan ruang untuk saling berkomunikasi, berbagi pengalaman secara virtual. Layanan ini akan memberikan alternatif media pendidikan yang sesuai dengan kondisi budaya dan lingkungan pendidikan di Indonesia. Seperti kita ketahui masih kurang sekali alternatif media pendidikan yang berbasiskan internet dalam dunia pendidikan Indonesia dan masih kalah jika dibandingkan dengan konten dan media yang berasal dari luar negeri. Melalui layanan Rumah Belajar ini, maka keragaman materi belajar, model interaksi belajar dan kemasan konten disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Fasilitas utama pada Portal Rumah Belajar Kemdikbud ada 8 macam yaitu:
  1. Sumber Belajar
  2. Buku Sekolah Elektonik
  3. Bank Soal
  4. Laboratorium Maya
  5. Peta Budaya
  6. Wahana Jelajah Angkasa
  7. Kelas Maya
  8. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
seperti tertera pada gambar berikut:


Sedangkan Manfaat Rumah Belajar Kemdikbud adalah:
  1. Sebagai sumber bahan belajar, meliputi Materi Pokok; Modul Online; Pengetahuan Populer; Bank Soal/Uji Kompetensi; Multimedia Interaktif; Video on Demand (VoD), dan dapat di download dan digunakan sesuai kebutuhan belajar.
  2. Sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi: antar individu pendidik, antar peserta didik, antar sekolah, berbagi ide dan pengalaman, berita, artikel dengan pengguna lainnya melalui fasilitas forum, serta untuk menampilkan profil sekolahnya sebagai subdomain  rumah belajar.
  3. Sebagai wahana pengembangan profesionalisme guru, meliputi mengembangkan rencana pembelajaran di template RPP, bahan ajar yang sesuai kurikulum dan media pembelajaran (gambar, video, animasi, simulasi, audio, dan presentasi).
Langkah-Langkah Menggunakan Portal Rumah Belajar Kemdikbud


Untuk memulai langkah menggunakan portal ini adalah dengan menuliskan alamat situs www.belajar.kemdikbud.go.id. Setelah tampil beranda / halaman muka situs maka langkah berikutnya sbb:
  1. Klik menu “Register” yang ada di bagian kanan atas, lalu setelah tampil isilah data yang diminta dengan mengikuti petunjuk yang telah tersedia pada masing-masing kolom hingga berakhir dengan menuliskan kembali kode yang tampil dan mengklik tombol “submit”. Proses registrasi ini sebagai syarat untuk menjadi anggota di dalam portal rumah belajar.
  2. Setelah selesai proses registrasi, klik tombol “sign out”, baru langkah berikutnya dengan meng-klik “Login” agar dapat memasuki menu-menu di dalam portal rumah belajar. Tentunya proses login dengan menuliskan user name dan password yang telah didaftarkan pada proses registrasi sebelumnya.
Jika telah tampil menu-menu seperti pada gambar berikut :


Ini artinya sudah siap kita manfaatkan untuk mengisi konten seperti membuat RPP, membuat bahan ajar berbasis video, animasi, audio, media presentasi powerpoint atau MS OneNote dll. Juga dapat sebaliknya mendownload konten tersebut yang sudah tersedia di dalamnya. Sehingga dapat sharing bersama pendidik dari berbagai daerah di Indonesia yang menjadi komunitas rumah belajar. Selain itu bermanfaat pula bagi peserta didik untuk mendapatkan berbagai bahan pembelajaran yang menarik termasuk bank soal.

Pemanfaatan Rumah Belajar Kemdikbud diharapkan memberikan pengaruh terhadap terbentuknya:
  1. Pembinaan guru secara berkelanjutan
  2. Pengembangan kreatifitas siswa
  3. Pengembangan komunitas
Terbentuknya 3 kondisi di atas dikarenakan beberapa proses yang terjadi di dalam Rumah Belajar Kemdikbud sehingga membentuk beberapa aktifitas mandiri yang bermanfaat bagi pembentukan dampak positif terhadap pengguna Rumah Belajar baik guru, peserta didik ataupun masyarakat (komunitas) yang secara aktif memanfaatkan layananlayanan di dalam Rumah Belajar sesuai dengan kapasitasnya.

Demikian sajian informasi mengenai Rumah Belajar Kemdikbud yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Pendidikan

Thanks for reading Mengenal Portal Rumah Belajar Kemdikbud. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengenal Portal Rumah Belajar Kemdikbud"

Your comment for me, please!

Back To Top
close