-->

Inilah Aspek Inti Kurikulum 2013

Aspek Inti Kurikulum 2013 || Kurikulum 2013 merupakan suatu kurikulum yang dibentuk untuk mempersiapkan lahirnya generasi emas bangsa Indonesia dengan sistem dimana siswa lebih aktif dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Aspek-aspek yang ingin dicapai dalam Kurikulum 2013 adalah aspek Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap.

Aspek Pengetahuan dalam kurikulum 2013 sama seperti kurikulum-kurikulum sebelumnya, yaitu penekanan pada tingkat pemahaman siswa dalam pelajaran. Nilai dari aspek pengetahuan bisa didapat dari Ulangan Harian, Ujian Tengah/Akhir Semester, dan Ujian Kenaikan Kelas. Pada kurikulum 2013, Pengetahuan bukan aspek utama seperti pada kurikulum-kurikulum sebelumnya.

Aspek Keterampilan merupakan aspek baru dalam kurikulum di Indonesia. Keterampilan merupakan penekanan pada skill atau kemampuan/ketrampilan, misalnya adalah kemampuan untuk mengemukakan pendapat, berdiksusi/bermusyawarah, membuat laporan, serta berpresentasi. Aspek Keterampilan merupakan salah satu aspek penting karena dengan ketrampilan siswa dapat menyalurkan pengetahuannya sehingga pengetahuan tidak hanya menjadi teori semata.

Aspek Sikap merupakan aspek yang agak sulit untuk dinilai. Sikap meliputi sopan santun, adab dalam belajar, absensi, sosial, dan agama. Diperlukan kerja sama yang baik antara orang tua,guru mata pelajaran, wali kelas dan guru BK agar penilaian aspek ini lebih optimal. Agar penilaian sikap dapat diterapkan setiap tatap muka, guru harus menyiapkan lembar pengamatan penilaian sikap.

Demikian sajian informasi mengenai Aspek Inti Kurikulum 2013 yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Kurikulum

Thanks for reading Inilah Aspek Inti Kurikulum 2013. Please share...!

0 Komentar untuk "Inilah Aspek Inti Kurikulum 2013"

Your comment for me, please!

Back To Top
close