-->

Mengenal Maria Walanda Maramis; Pahlawan Nasional Wanita Indonesia

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa Emansipasi Wanita yang kini populer dengan istilah Kesetaraan Gender di indonesia telah dimulai pada jaman Kerajaan Majapahit. Aatau jika itu dianggap terlalu jauh, pada zaman perjuangan pergerakan Kemerdekaan Indonesia telah muncul sosok-sosok Pejuang Wanita Indonesia. Kini, mereka dianugerahi gelar Pahlawan Nasional. Berikut disajikan sosok Pahlawan Nasional Wanita Indonesia.

Maria Walanda Maramis merupakan pergerakan wanita yang lahir di Kema, Sulawesi Utara pada 1 Desember 1872. Sejak umur enam tahun, Maria Maramis sudah menjadi anak yatim piatu dan diasuh oleh pamannya. Pendidikan Maria hanya ditempuh sampai SD, karena gadis-gadis di Minahasa saat itu tidak diizinkan mengenyam pendidikan tinggi.

Masa Perjuangan

Maria Walanda Maramis mampu memperluas ilmu pengetahuannya karena gemar bergaul dengan kaum-kaum terpelajar, seperti Pendeta Ten Hove. Maria kecil bertekad ingin memajukan kaum wanita Minahasa dengan memperoleh pendidikan yang cukup, agar kelak dalam mengurus rumah tangga dan mendidik anak-anak dengan baik.

Pada tahun 1890, Maria Walanda Maramis menikah dengan Yoseph Frederik Calusung Walanda yang merupakan seorang guru. Dengan bantuan suaminya dan pelajar lainnya, pada Juli 1917 Maria Walanda Maramis mendirikan sebuah organisasi yang diberi nama Percintaan Ibu kepada Anak Turunannya (PIKAT), yang mengajarkan cara-cara mengatur rumah tangga seperti memasak, menjahit, merawat bayi dan pekerjaan tangan.

PIKAT mendapat sambutan baik dari masyarakat, dalam waktu singkat cabang-cabang PIKAT berdiri di beberapa tempat dan sumbangan dana mulai mengalir. Maria Maramis menamkan rasa kebangsaan kepada murid-muridnya, dengan membiasakan mereka sekolah menggunakan pakaian daerah.

Akhir Hayat

Maria Walanda Maramis wafat pada 22 April 1924 di Maumbi. Ia mendapatkan gelar kehormatan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia atas perjuangannya dalam mencerdaskan generasi bangsa sesuai dengan SK Presiden RI No 012/K/1969 tanggal 20 Mei 1969.

Demikian sajian informasi mengenai Mengenal Maria Walanda Maramis; Pahlawan Nasional Wanita Indonesia yang dapat disajikan pada kesempatan ini.

Untuk mengetahui Para Pahlawan Wanita Indonesia lainnya silahkan KLIK pada tautan di bawah ini:
  1. Wanita Hebat Zaman Doeloe; Ratu Kencana Wungu - [klik di sini]
  2. Pahlawan Nasional Wanita; RA. Kartini - [klik di sini]
  3. Pahlawan Nasional Wanita; Cut Nyak Dhien - [klik di sini]
  4. Pahlawan Nasional Wanita; Cut Nyak Meutia - [klik di sini]
  5. Pahlawan Nasional Wanita; Raden Dewi Sartika - [klik di sini]
  6. Pahlawan Nasional Wanita; Martha Khristina Tiahahu - [klik di sini]
  7. Pahlawan Nasional Wanita; Maria Walanda Maramis - [klik di sini]
  8. Pahlawan Nasional Wanita; Hj. Siti Walidah Ahmad Dahlah - [klik di sini]
  9. Pahlawan Nasional Wanita; Nyi Ageng Serang - [klik di sini]
  10. Pahlawan Nasional Wanita; Hj. R. rasuna Said - [klik di sini]
  11. Pahlawan Nasional Wanita; Opu Daeng Risaju - [klik di sini]
  12. Pahlawan Nasional Wanita; Rohana Kudus - [klik di sini]
  13. "Pahlawan" Nasional Wanita; Raden Ayu Lasminingrat - [klik di sini]
Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Sejarah, Sosok dan Motivasi

Thanks for reading Mengenal Maria Walanda Maramis; Pahlawan Nasional Wanita Indonesia. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengenal Maria Walanda Maramis; Pahlawan Nasional Wanita Indonesia"

Your comment for me, please!

Back To Top
close