-->

Cara Menetapkan Pedoman Tata Tertib Sekolah


Tata Tertib Sekolah merupakan salah satu komponen penunjang untuk terciptanya iklim sekolah yang kondusif dalam segala aspek kegiatan sekolah, baik kegiatan inti mapupun kegiatan pendukung. Untuk kepentingan tersebut berikut disajikan Cara Menetapkan Pedoman Tata Tertib Sekolah.



Tata tertib sekolah ditetapkan oleh kepala sekolah melalui rapat dewan pendidik dengan mempertimbangkan masukan komite sekolah, dan peserta didik. Sekolah menetapkan kode etik warga sekolah yang memuat norma tentang:
  1. Hubungan sesama warga di dalam lingkungan sekolah dan hubungan antara warga sekolah dengan masyarakat,
  2. Sistem yang dapat memberikan penghargaan bagi yang mematuhi dan sangsi bagi yang melanggar.
Kode etik sekolah ditanamkan kepada seluruh warga sekolah untuk menegakkan etika sekolah. Sekolah perlu memiliki program yang jelas untuk meningkatkan kesadaran beretika bagi semua warga sekolahnya. Kode etik sekolah diputuskan oleh rapat dewan pendidik dan ditetapkan oleh kepala sekolah.

Peserta didik dalam menjaga norma pendidikan perlu mendapat bimbingan dengan keteladanan, pembinaan dengan membangun kemauan, serta pengembangan kreativitas dari pendidik dan tenaga kependidikan. Kode etik sekolah yang mengatur peserta didik memuat norma untuk:
  1. menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya;
  2. menghormati pendidik dan tenaga kependidikan;
  3. mengikuti proses pembelajaran dengan menjunjung tinggi ketentuan pembelajaran dan mematuhi semua peraturan yang berlaku;
  4. memelihara kerukunan dan kedamaian untuk mewujudkan harmoni sosial di antara teman;
  5. mencintai keluarga, masyarakat, dan menyayangi sesama;
  6. mencintai lingkungan, bangsa, dan negara; serta
  7. menjaga dan memelihara sarana dan prasarana, kebersihan, ketertiban, keamanan, keindahan, dan kenyamanan sekolah.
Kode etik sekolah yang mengatur guru dan tenaga kependidikan memasukkan larangan bagi guru dan tenaga kependidikan, secara perseorangan maupun kolektif, untuk:
  1. menjual buku pelajaran, seragam/bahan pakaian sekolah, dan/atau perangkat sekolah lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung kepada peserta didik;
  2. memungut biaya dalam memberikan bimbingan belajar atau les kepada peserta didik;
  3. memungut biaya dari peserta didik baik secara langsung maupun tidak langsung yang bertentangan dengan peraturan dan undang-undang;
  4. melakukan sesuatu baik secara langsung maupun tidak langsung yang mencederai integritas hasil Ujian Sekolah dan Ujian Nasional.
Demikian sajian informasi mengenai Cara Menetapkan Pedoman Tata Tertib Sekolah yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!


Labels: Pendidikan

Thanks for reading Cara Menetapkan Pedoman Tata Tertib Sekolah. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Menetapkan Pedoman Tata Tertib Sekolah"

Your comment for me, please!

Back To Top
close