Mengenal Istilah Endorse Dalam Dunia Internet

Mengenal Istilah Endorse Dalam Dunia Internet || Seiring dengan meningkatnya pengguna internet khususnya media sosial terlebih khusus munculnya fitur-fitur untuk memposting foto dan vidio, maka kemudian muncul pula trend yang dikenal dengan istilah Endorse. Endorse adalah ungkapan bagasa inggris yang berarti mengesahkan, sedangkan endorse adalah berasal dari kata endorsement yaitu berarti dukungan. Pada dasarnya kata endorse berasal dari kata endorsement yang artinya adalah sebuah tindakan mendukung (support) atau setuju dari seseorang yang sudah menjadi terkenal terhadap sesuatu produk atau jasa yang dipasarkan untuk dijual.

Kegiatan Endorse biasanya dilakukan oleh seseorang yang di dunia lain sudah menjadi pesohor atau terkenal sehingga Akun Media Sosialnya memiliki banyak pengikut / followers. Orang tersebut bisa artis, tokoh politik, ilmuwan dan pesohor lainnya. Selain itu, bisa juga seseorang biasa yang memiliki Web Blog atau Channel Youtube yang kemudian menjadi terkenal karena konten tulisan dan / atau vidio yang dipostingnya, hal ini dibuktikan dengan jumlah pengikut atau subscriber atau viewer yang banyak.

Fenomena Endorse ini tak lain dan tidak bukan adalah salah satu bentuk promosi yang dilakukan oleh penyedia barang aaupun jasa untuk menggaet konsumen baru dan meningkatkan serta melipatgandakan penjualan atau pengguna jasa. Jika dulu ada kegiatan periklanan, Endorse lebih menitikberatkan pada kekuatan bintang iklan, bukan pada materi iklannya.

Bentuk-bentuk endorse yang lazim di dunia maya adalah seperti contoh-contoh berikut: 
  1. Review atau ulasan tekstual produk atau jasa yang bisa juga disertai foto dan vidio terbatas yang dimuat pada sebuah website atau Blog.
  2. Review atau ulasan khusus vidio mengenai produk atau jasa dalam durasi yang dipersyaratkan, bisa dimuat di Youtube, Instagram, Facebook atau media lainnya.
  3. Postingan Tekstual, Gambar dan / atau Vidio yang berisi atau memiliki konten produk atau jasa dalam media sosial.
Kegiatan endorse biasanya terjadi atas kesepakatan langsung antara pemilik produk barang atau jasa dengan seorang pesohor (bisa juga dengan manajemennya bagi yang sudah memiliki) tanpa melalui jasa advertising. Kemudian sang pesohor membuat materi (teks/foto/vidio) untuk diposting di media internet.

Demikian sajian informasi mengenai Mengenal Istilah Endorse Dalam Dunia Internet yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga sajian berikut bermanfaat ...

Labels: Internet

Thanks for reading Mengenal Istilah Endorse Dalam Dunia Internet. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengenal Istilah Endorse Dalam Dunia Internet"

Your comment for me, please!

Back To Top
close