Pedoman Penyusunan Rencana / Program Kerja Sekolah

Pedoman Penyusunan Rencana / Program Kerja Sekolah || Di lingkungan sekolah/madrasah, perencanaan sebagai salah satu komponen yang berfungsi sebagai pengendali manajemen memegang peran penting dalam upaya kemajuan sekolah. Mengingat betapa pentingnya sebuah perencanaan bagi sekolah/madrasah, setiap sekolah/madrasah membutuhkan perencanaan yang terprogram dan terarah. Perencanaan meliputi rencana jangka menengah dan pendek. Hal ini diperkuat dengan diterbitkannya Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan yang menyatakan bahwa sekolah harus membuat Rencana Kerja Sekolah yang terdiri dari Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT).

Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu empat tahun, sedangkan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dicapai dalam kurun waktu satu tahunan. Permendiknas tersebut juga menyatakan bahwa RKT adalah rencana kerja tahunan sekolah/madrasah yang berdasar pada rencana kerja jangka menengah (empat tahunan) yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKA-S/M) sebagai istilah lain dari Rencana Anggaran Penerimaan dan Belanja Sekolah/Madrasah (RAPB-S/M).

Seorang kepala sekolah/madrasah diharapkan memahami cara penyusunan Rencana  Kerja Jangka Menengah dan Rencana Kerja Tahunan. Dengan memiliki pemahaman terhadap aspek ini, diharapkan kepala sekolah/madrasah dapat mengurutkan program prioritas dan dapat memastikan kemajuan implementasi rencana tersebut. Selanjutnya kita kaji materi ini lebih jauh, karena mempelajari penyusunan RKT, RKJM dan RKA-S/M merupakan salah satu bekal Saudara untuk menjadi kepala sekolah/madrasah yang mampu berkontribusi untuk peningkatan mutu sekolah/madrasah melalui perencanaan program sesuai dengan kebutuhan/kondisi nyata sekolah/madrasah. 

Untuk itu, berikut disajikan Pedoman Penyusunan Rencana / Program Kerja Sekolah untuk dipelajari san digunakan sebagai panduan dalam penyusunan Program Kerja Sekolah baik SD/MI, SMP/MTs, maupun SMA/SMK/MA/MAK. Silahkan DOWNLOAD File Lengkap Pedoman Penyusunan Rencana / Program Kerja Sekolah[klik di sini]

Demikian sajian informasi mengenai Pedoman Penyusunan Rencana / Program Kerja Sekolah ang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga sajian berikut bermanfaat ...

Labels: Pendidikan

Thanks for reading Pedoman Penyusunan Rencana / Program Kerja Sekolah. Please share...!

0 Komentar untuk "Pedoman Penyusunan Rencana / Program Kerja Sekolah"

Your comment for me, please!

Back To Top
close